Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

CAPACITY BUILDING: SINERGI DALAM PANDEMI, BERSAMA RAIH PRESTASI

 

Tidak terasa waktu terus berjalan dan mulai memasuki akhir tahun 2021. Beban kerja dan tantangan menghadapi akhir tahun semakin meningkat. Untuk Kembali merajut kebersamaan dan kekompakan, KPPN Sijunjung pada tanggal 30 – 31 Oktober menyelenggarakan kegiatan capacity building bagi pegawai dan PPNPN KPPN Sijunjung. Acara yang diselenggarakan di lembah Harau ini sangat unik dan menarik. Mengapa demikian, karena seluruh kegiatan dan acara dikemas dan diselenggarakan oleh tim rancak bana KPPN Sijunjung dengan acara yang menarik dan atraktif serta setiap kegiatan diselipkan insight/lesson learnt yang ingin dicapai.

 

 

Kegiatan capacity building dimulai pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2021. Setelah pegawai KPPN Sijunjung mengikuti upacara hari oeang, para peserta diberangkatkan menuju tempat kegiatan yang menempuh perjalanan kurang lebih selama 3 jam setengah. Pada hari pertama ini, meskipun cuaca sempat mendung dan gerimis ringan, tidak menghalangi kegiatan games/permainan outdoor, setelah sebelumnya dibuka secara resmi oleh Kepala KPPN Sijunjung. Dalam sambutannya, kepala KPPN Sijunjung menyampaikan, bahwa melalui Kegiatan capacity building ini yang bertemakan “Sinergi Dalam Pandemi, Bersama Raih Prestasi”, diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh pegawai untuk meningkatkan semangat kerja dan kekompakan antar pegawai terlebih dalam waktu dekat ini akan menghadapi akhir tahun 2021 dan mengawal pemulihan ekonomi sosial dalam masa pandemi ini.

 

 

Permainan ataupun games pada kegiatan capacity building ini dirancang untuk memperkuat sinergi, strategi, kerja tim, komunikasi dan perubahan pola pikir. Permainan yang dibawakan oleh fasilitator tim rancak bana antara lain squid games yang bertujuan untuk perubahan pola pikir dan arahan. Kemudian permainan kereta pesan yang memiliki esensi yaitu komunikasi antar anggota tim. Selanjutnya ada permainan tangkap bola, yang memiliki maksud untuk kekompakan kelompok dan mendengar arahan dari pengarah tim. Acara permainan juga dilanjutkan dengan sesi indoor, yaitu permainan mengisi air, yang memiliki tujuan untuk strategi dan perubahan cara pikir. Acara dilanjutkan dengan dua games terakhir yaitu tiup bola pingpong dan estafet kelereng. Kedua games ini bertujuan untuk melatih kesabaran, kekompakan, dan strategi dari masing-masing anggota tim.

 

 

Kegiatan dilanjutkan di malam harinya dengan ramah tamah yang di isi dengan bakar api unggun dan barbeque. Meskipun santai namun tetap diisi dengan agenda yang memiliki tujuan yaitu saling mengenal antar anggota tim, dengan cara masing-masing anggota tim mendapatkan kesempatan untuk mendeskripsikan serta memberikan pesan kepada pegawai yang diambil namanya melalui gulungan nama. Acara selanjutnya adalah tukar menukar kado, dengan masing-masing peserta telah menyiapkan kado sebelum kegiatan dimulai. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutara video motivasi singkat yang selanjutnya masing-masing peserta menyampaikan simpulan dari video yang telah diputar. Rangkaian kegiatan selama sehari penuh tersebut, diharapkan dapat semakin meningkatkan sinergi, kekompakan, bonding, motivasi, serta perubahan pola pikir yang semakin baik lagi, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja pelayanan dan kinerja organisasi KPPN Sijunjung. (editor)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search