Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

Penandatanganan Nota Kesepahaman, Perkuat Sinergi Pusat dan Daerah serta Akselerasi Pembangunan di Daerah

 

 

 Bertempat di Kantor Bupati Dharmasraya, pada hari Senin tanggal 21 Februari 2022, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Heru Pudyo Nugroho, Kepala KPPN Sijunjung ibu Hafnizar dan tim menyambangi Bapak Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dalam rangka silaturahmi dan penandatanganan nota kesepahaman memperkuat hubungan keuangan pusat dan daerah. Pada kesempatan yang baik tersebut, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan, bahwa Bu Menteri Keuangan sebagaimana amanah Bapak Presiden RI, selalu menekankan agar menyegerakan akselerasi penyaluran APBN, terutama upaya pemulihan ekonomi di saat pandemi ini. Kami kanwil perbendaharaan saat ini juga diamanahkan sebagai chief regional economis. Selain melakukan pengawalan dan memastikan bahwa penyaluran dana APBN, alokasi belanja kementerian/Lembaga, transfer daerah dan dana desa optimal, aspek pemanfaatannya juga perlu diukur untuk mengetahui seberapa jauh aspek pemanfaatan dari dana APBN yang dialokasikan dalam rangka peningkatan indikator-indikator kesejahteraan masyarakat. Sehingga pemanfaatan dana APBN benar-benar bisa dikawal hingga dampak keberhasilannya. Hal tersebut tentunya membutuhkan sinergi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten Dharmasraya.

 

 

Selanjutnya, sambutan dari Bapak Bupati Dharmasraya, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat. Kemudian disampaikan, sesuai dengan viisi bapak Presiden RI, percepatan pembangunan dan percepatan pencairan keuangan negara segara direalisasikan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Alhamudlillah hampir seluruh Nagari pada Kabupaten Dharmasraya dan Dinas terkait berpartisipasi aktif dalam akselerasi penyerapan dana desa serta DAK Fisik. Meskipun ada kekurangan sumber daya manusia, namun dengan komunikasi yang efektif, evaluasi yang tepat serta sinergi yang apik antara Dinas terkait dengan Sekda dan Inspektorat, permasalahan dapat di atasi dan Kabupaten Dharmasraya dua kali berturut-turut menjadi Kabupaten tercepat dalam penyaluran dana transfer di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

 

 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Bapak Bupati Dharmasraya mewakili Kabupaten Dharmasraya dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan mewakili KPPN Sijunjung. Kesepakatan tersebut mencakup sinergi dan koordinasi serta edukasi dalam penyaluran dana transfer yang mencakup Dana Desa, DAK Fisik, dan Dana BOS. Selain itu kesepakatan juga berkaitan dengan sinergi, koordinasi dan edukasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan menggunakan platform yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan seperti kredit program (ultra mikro) dan digital payment. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, penyaluran APBN bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Dharmasraya dapat langsung dirasakan manfaatnya. (editor)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search