Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

Pendampingan Awal SAKTI Web Modul Pelaporan (Persediaan)

Pada hari Rabu, 20 April 2022 pukul 10.00 s.d 16.00 WIB KPPN Sijunjung menyelenggarakan kegiatan pendampingan awal SAKTI Web Modul Pelaporan. Kegiatan ini juga diselenggarakan secara hybrid, untuk satker wilayah Kabupaten Sijunjung bertempat di aula KPPN dan satker wilayah Kabupaten Dharmasraya dan Kota Sawahlunto diselenggarakan secara daring.

 

 

Dalam sambutannya Kepala KPPN Sijunjung menyampaikan Dengan telah ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan nomor 171/PMK.05/2021 tentang Sistem SAKTI, maka pada tahun 2022 ini penggunaan transaksi keuangan Negara mulai dari penganggaran sampai dengan pelaporan telah menggunakan sistem SAKTI. Meskipun digitalisasi ini sangat penting guna mendukung pengelolaan perbendaharaan Negara yang modern, namun berpotensi banyak menghadapi permasalahan dalam penggunaan aplikasi SAKTI. Oleh karena hal tersebut, kegiatan pendampingan seperti ini perlu secara rutin diselenggarakan, sehingga kendala dan permasalahan dapat diminimalisir.

 

 

Selanjutnya materi yang disampaikan berkaitan dengan modul pelaporan. Pelatihan terhadap Modul pelaporan pernah dilakukan di bulan September tahun 2021 lalu. Namun demikian, untuk memastikan peserta selaku pengguna SAKTI sudah terbiasa dalam menggunakan modul pelaporan, KPPN Sijunjung berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ini. Modul pelaporan sendiri, mencakup modul persediaan, modul asset, dan modul pelaporan serta modul piutang. Modul persediaan mencakup setting referensi dan transaksi masuk keluar. Pada kesempatan ini, pendampingan fokus pada modul persediaan, mengingat waktu yang terbatas dan akan dilanjutkan modul asset dan GL pada kesempatan berikutnya.

 

 

Meskipun kegiatan diselenggarakan di bulan Ramadhan ini, tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dan antusias. Pada kegiatan ini, dilakukan juga simulasi terhadap transaksi-transaksi persediaan dengan menggunakan alamat di Pandu SAKTI. Di akhir kegiatan, juga disampaikan persiapan satker untuk migrasi ke SAKTI production dari yang sebelumnya menggisnakan SAIBA, SIMAK dan Persediaan yang akan disampaikan waktunya kemudian. (editor)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search