Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

KPPN Sijunjung persiapkan Laporan Keuangan Satuan Kerja serta laksanakan Eevaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I TA 2022

Sijunjung- Pada hari Rabu, 20 Juli 2022 KPPN Sijunjung selengaarakan Kegiatan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I TA. 2022 secara hybrid di Aula KPPN Sijunjung dan secara dari media Zoom. Kegiatan dibuka dan dipimpin oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sijunjung, Ibu Hafnizar. Kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan Penyusunan Laporan Keuangan dapat berjalan dengan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan, serta mengukur pelaksanan anggaran yang sudah berjalan selama satu semester pada tahun 2022 ini telah dilaksanakan dengan baik serta mengukur kualitas dan kinerja satuan kerja di lingkup KPPN Sijunjung.

 

 

Dalam kesempatan yang sama Kepala KPPN Sijunjung juga membahas terkait Cara Mewujudkan Budaya Anti Gratifikasi dan Anti Korupsi. Kepala KPPN Sijunjung menegaskan kembali bahwa KPPN Sijunjung tidak menolerir serta menolak secara penuh segala bentuk gratifikasi dengan maksud dan tujuan apapun itu. Dalam pemaparannya, Ibu Hafnizar menyampaikan bahwa sebagai aparatur sipil negara sekaligus pengelola keuangan sudah menjadi kewajiban untuk menjaga integritas dengan membudayakan sikap anti gratifikasi dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi agen perubahan yang siap melaporkan dan memutus rantai gratifikasi apabila mendapati kejadian tersebut di masing-masing unit kerja.

 

 

Pemateri selanjutnya Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal yaitu Ibu Elva Anita. Dalam sesi ini dibahas terkait serba-serbi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Semester 1 Tahun 2022. Karena mulai tahun ini, penyusunan Laporan Keuangan sudah berbasis aplikasi SAKTI, sehingga satuan kerja perlu melakukan migrasi saldo dan rekonsiliasi di monsakti yang telah terinterkoneksi dengan SAKTI. 

Selanjutnya dibahas terkait Evaluasi Pelaksanaan Anggaran oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satuan Kerja (PDMS) yaitu Ibu Deslina dan Staf PDMS yaitu Dwidyavitri. Dalam kesempatan ini dibahas mengenai Evaluasi Pelaksanaan Anggaran satuan kerja selama satu semester. Dalam pelaksanaanya masih banyak satuan kerja yang masih kurang memperhatikan deviasi halaman III DIPA dan capaian output, sehingga nilai IKPA yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, dibahas kembali masing-masing indikator beserta cara penilaiannya sehingga satuan kerja dapat lebih memahaminya.

 

 

Diakhir acara diberikan piagam penghargaan kepada satker sebagai IKPA tertinggi dan piagam sebagai satker penggunaan uang persediaan dengan Sistem Digital Payment yang melakukan transaksi terbanyak selama satu semester sebagai bentuk apresiasi dari KPPN Sijunjung dan motivasi bagi satuan kerja yang lain untuk meningkatkan kualitas kinerja dan belanja anggarannya.

 

 

Pemberian Penghargaan kepada Satker dengan IKPA Semester I 2022 tertinggi (Kategori Satker Pengelola DIPA Kecil (<2,5 Milyar)

 

Pemberian Penghargaan kepada Satker dengan IKPA Semester I 2022 tertinggi (Kategori Satker Pengelola DIPA Besar (>2,5 Milyar)

 

Pemberian Penghargaan kepada Satker Pengguna UP melalui Sistem Digipay dengan Transaksi Terbanyak

 

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan bahwa Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan sangat diperlukan untuk memberikan arahan dan dukungan kepada satuan kerja dalam pembuatan LKKL pada semester 1 2022 sehingga laporan yang dihasilkan dapat berkualitas dengan hasil yang terbaik serta Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I TA. 2022 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman satuan kerja terkait IKPA sehingga kualitas belanja dan kinerja satuan kinerja dapat lebih maksimal serta sesuai dengan prinsip value for money.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search