Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Implementasi SAKTI Semester I Tahun 2022 dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Satker s.d. Bulan Juli 2022

Telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Implementasi SAKTI Semester I Tahun 2022 dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Satker s.d Bulan Juli 2022 pada Senin, 15 Agustus 2022 di Ruang Rapat KPPN Sijunjung yang dibuka langsung oleh Kepala KPPN Ibu Hafnizar selaku Pemimpin secara online/zoom bersama Mitra Kerja KPPN Sijunjung.

 


Pembahasan diantaranya Evaluasi Pelaksanaan Anggaran s.d Bulan Juli TA 2022 Satker Wilayah Pembayaran KPPN Sijunjung. Pengukuran kinerja instansi pemerintah tidak lepas dari proses manajemen pada sektor publik. Oleh karena itu kinerja instansi pemerintah dalam hal ini satker menjadi gambaran manajemen dala3m pengelolaan keuangan Negara. Alat yang digunakan dalam mengukur kinerja manajemen dalam pengelolaan keuangan Negara salah satunya dapat menggunakan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). IKPA merupakan amanat dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/ Lembaga. Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga.


Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sijunjung merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, dengan wilayah kerja Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kab. Dharmasraya terdiri 63 Satuan kerja dan total Pagu Belanja Rp. 9632 M, Belanja Pegawai 213,4 M, Belanja Barang 1147M, Belanja Modal 125,7M, dan Belanja Transfer 509, 2M. Pada kesempatan ini disampaikan Monitoring Penyerapan Anggaran Per Juli 2022 pada Satker terdapat 10 penyerapan tertinggi dan 10 penyerapan yang terendah dengan tujuan satker updae kembali terkait penyerapan pada satuan kerjanya dan dapat berusaha meningkatkan poenyerapan tersebut.

 

 

Kepala Seksi PDMS juga menyampaikan Langkah Strategis Semester II Tahun 2022
• Perhatikan target penyerapan anggaran tiap triwulan
• Bayarkan tagihan kepada pihak ketiga secara tepat waktu
• Ajukan revisi pemuahiran rencana penarikan dana tiap awal triwulan ke Kanwil DJPb.
• PPSPM memeriksa dan memastikan kesesuaian uraian SPM
• PPK memastikan data progress capaian output disampaikan tepat waktu
• Daftarkan data penerimaan pembayaran dengan benar dan valid sesuai rekening penerimaan
• Segera selesaikan pekerjaan kontraktual dengan nilai Rp. 50 Juta s.d Rp. 200juta
• Bendahara agar mempertanggungjawabkan uang persediaan tepat waktu
• Pastikan Softcopy dokumen SPM yang diunggah ke system KPPN adalah hasil scan dari dokumen yang bertanda tangan basah ( bukan tanda tangan image)

 

 


Terkait Overview Rekonsiliasi Eksternal MonSakti disampaikan Kebijakan Pelaksanaan Rekonsiliasi Periode Semester II Tahun 2022
1. Rekonsiliasi eksternal antara UAKPA dan KPPN dilaksanakan menggunakan Aplikaso MonSAKTI yang dapat diakses pada website https://monsakti.kemenkeu.go.id/
2. Rekonsiliasi melalui Aplikasi MonSAKTI dilakukan oleh system secara otomatis setiap hari berdasarkan data penginputan transaksi yang dilakukan olehsatker pada Aplikasi SAKTI dan data aplikasi SPAN.


Kegiatan ini juga bermaksud untuk menampung dan memberikan solusi atas keresahan atau masalah yang dihadapi oleh satker. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pertanyaan. Kepala KPPN juga menyampaikan evaluasi pelaksanaan anggaran Semester I 2022, kami ucapkan banyak terima kasih atas kontribusi dan sinergisitas dalam pelaksanaan anggaran yang sangat baik pada semester I 2022. Namun demikian secara umum, kinerja pelaksanaan anggaran pada semester I 2022 masih perlu banyak perbaikan dibeberapa indikator. Evaluasi kinerja semester I 2022 dengan harapan kinerja di semester II dapat ditingkatkan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search