Berdasarkan surat Kepala KPPN Sijunjung nomor S-216/WPB.03/KP.05/2021 tanggal 13 April 2021 hal Pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan Semester I 2021, telah dilaksanakan survei kepada populasi target. Adapun dari 62 target responden, sebanyak 56 responden telah mengisi dengan baik dan benar. Dengan demikian, jumlah minimum sampel terpenuhi dan analisis hasil survei kepuasan dapat dilanjutkan. Rincian demografi hasil survei dapat diuraikan sebagai berikut:
Apabila melihat diagram di atas, jumlah responden paling banyak adalah bendahara sebesar 46,4% atau sebanyak 26 orang, diikuti operator sebanyak 30,4% atau 17 orang, kemudian PPSPM sebanyak 6 orang atau 10,7%, PPK sebanyak 8,9% atau 5 orang dan yang paling sedikit adalah KPA sebanyak 2 orang atau 3,6%. Hal ini menunjukkan pengguna langsung dan memiliki frekuensi tinggi terhadap layanan pada KPPN Sijunjung cukup bervariasi, tidak homogen dilakukan oleh operator saja. Karena dalam masa pandemi covid-19, Sebagian besar pelayanan utama dilakukan secara daring kecuali untuk layanan konsultasi dan sosialisasi dapat dilakukan secara tatap muka dan menggunakan protokol yang ketat, sehingga pejabat perbendaharaanpun dapat ikut serta menggunakan layanan KPPN Sijunjung. Sedangkan dari jenis kelamin responden didominasi oleh jenis kelamin Wanita yaitu sebesar 62,5% atau 35 orang adalah Wanita, sisanya adalah responden pria.
Adapun hasil survei kepuasan pengguna layanan semester I tahun 2021 dapat dirinci sebagai berikut per kinerja layanan yaitu:
No |
Kinerja Layanan yang dinilai |
Semester I 2021 |
1 |
Kinerja Layanan Pencairan Dana |
4,778 |
2 |
Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi |
4,777 |
3 |
Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran |
4,790 |
4 |
Kinerja Layanan Rekonsiliasi |
4,781 |
5 |
Kinerja Layanan Sarana dan Prasarana |
4,783 |
|
Rerata |
4,783 |
Indeks Kepuasan *) |
95,1% |
*) diukur menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI)
Berdasarkan hasil survei di atas, memberi gambaran bahwa meskipun layanan KPPN Sijunjung sampai dengan semester I 2021 masih menggunakan layanan elektronik guna memutus penyebaran covid-19, namun semangat yang diberikan tim KPPN Sijunjung maupun satker tetap tinggi, sehingga menghasilkan sinergi yang apik dan berintegritas dalam pengelolaan keuangan negara dan dapat semakin ditingkatkan di kemudian hari (editor).