Menunjuk surat Kepala KPPN Sijunjung nomor S-645/WPB.03/KP.05/2021 tanggal 16 Desember 2021 hal Pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan Semester II 2021, telah dilaksanakan survei kepuasan pengguna layanan kepada populasi target yaitu pengguna layanan KPPN Sijunjung. Survei yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 21 Desember 2021 ini diikuti oleh 67 responden yang telah mengisi dengan baik dan benar. Jumlah responden yang mengikuti survey ini mencapai jumlah minimum sampel terpenuhi, sehingga analisis hasil survei kepuasan dapat dilanjutkan. Adapun rincian demografi hasil survei dapat diuraikan sebagai berikut:
Apabila melihat diagram di atas, jumlah responden paling banyak adalah bendahara sebesar 48%, diikuti operator sebanyak 28%, kemudian PPSPM sebanyak 13%, PPK sebanyak 9% dan KPA sebanyak 1%. Hal ini menunjukkan pengguna langsung dan memiliki frekuensi tinggi terhadap layanan pada KPPN Sijunjung cukup bervariasi, tidak homogen dilakukan oleh operator saja. Karena dalam masa pandemi covid-19, Sebagian besar pelayanan utama dilakukan secara daring kecuali untuk layanan konsultasi dan sosialisasi dapat dilakukan secara tatap muka dan menggunakan protokol yang ketat, sehingga pejabat perbendaharaanpun dapat ikut serta menggunakan layanan KPPN Sijunjung. Sedangkan dari jenis kelamin responden didominasi oleh jenis kelamin Wanita yaitu sebesar 66% adalah Wanita, sisanya adalah responden laki-laki.
Adapun hasil survei kepuasan pengguna layanan semester II tahun 2021 dapat dirinci sebagai berikut per kinerja layanan yaitu:
No |
Kinerja Layanan yang dinilai |
Semester II 2021 |
1 |
Kinerja Layanan Pencairan Dana |
4,788 |
2 |
Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi |
4,798 |
3 |
Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran |
4,798 |
4 |
Kinerja Layanan Rekonsiliasi |
4,791 |
5 |
Kinerja Layanan Sarana dan Prasarana |
4,780 |
|
Rerata |
4,791 |
|
Indeks Kepuasan *) |
95,3% |
*) diukur menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI)
Berdasarkan hasil survei di atas, memberi gambaran bahwa meskipun layanan KPPN Sijunjung sampai dengan semester II 2021 sebagian besar masih menggunakan layanan elektronik guna memutus penyebaran covid-19, namun semangat yang diberikan tim KPPN Sijunjung maupun satker tetap tinggi, sehingga menghasilkan sinergi yang baik, berintegritas dalam pengelolaan keuangan negara dan terus semakin ditingkatkan di kemudian hari (editor).