Singaraja, 9 April 2018
Seiring dengan perkembangan jaman, tantangan yang dihadapi oleh sebuah kantor layanan semakin tinggi, tak terkecuali KPPN sebagai kantor layanan perbendaharaan. Betapa tidak !? Disamping tuntutan untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang bisa meningkatkan kepuasan stakeholder, KPPN juga dituntut untuk meningkatkan kinerja organisasi demi tercapainya IKU yang semakiin challenging. Salah satu IKU yang harus dipenuhi targetnya adalah IKU Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga.
IKU Kinerja PA KL secara langsung atau tidak langsung turut mendorong KPPN untuk turut mengedukasi satker mitra kerjanya agar bisa memenuhi kualitas PA yang diamanatkan. Lebih menantangnya lagi adalah bahwa IKU Kualitas PA tidak saja terkait dengan penyerapan anggaran, melainkan melibatkan tidak kkurang dari sepuluh komponen variabel. Variabel tersebut adalah Revisi DIPA, Halaman III DIPA, Pengelolaan UP, Rekon LPJ Bendaharan, Retur SP2D, penyerapan anggaran, ketepatan waktu penyelesaian tagihan, tingkat pengembalian SPM, akurasi penyampaian RPD harian, ketepatan waktu penyampaian data kontrak, dan Pagu Minus.
Untuk meningkatkan kinerja PA satker mitra kerja, KPPN Singaraja terus berupaya memberikan edukasi dan bimbingan. Edukasi dan bimbingan diberikan baik secara formal melalui bimtek/sosialisasi dan juga secara informal melalui layanan konsultasi FO/CSO dan TMR (Treasury Mangement Representative). Bahkan KPPN Singaraja sengaja mengembangkan beberapa inovasi baru untuk mendukung tercapainya peningkatan kinerja PA satker ini. Inovasi JUST IN TIME (Menuju Layanan Tepat Waktu) dan Inovasi BUKKA LAPAK (Layanan Asistensi Pembinaan dan Konsultasi) adalah contoh inovasi KPPN Singaraja untuk meningkatkan layanan kepada para stakeholder. Inovasi-inovasi tersebut melengkapi Inovasi layanan yang telah dibangun KPPN Singaraja sebelumnya, seperti Inovasi SIMAK Satker (Sistem Pemantauan Kinerja Satker), Satker PINTER (Performance Improvement Centre) dan Lomba Cerdas Cermat RANKING SATU.
Disamping upaya-upaya tersebut, guna merangsang peningkatan kinerja PA tersebut, secara rutin (tahunan) KPPN Singaraja memberikan apresiasi penghargaan bagi tiga besar satker pengelola kinerja PA terbaik. Pemberian apresiasi ini dikemas melalui apresiasi SINGARAJA Awards yang biasanya diselenggaraan di akhir tahun bersamaan dengan kegiatan Evaluasi Kinerja dan Penyerahan DIPA untuk Tahun Anggaran berikutnya.
Semua upaya KPPN Singaraja tersebut dilakukan semata-mata untuk memberikan dukungan nyata bagi peningkatan kompetensi SDM Pengelola Keuangan Satker yang pada gilirannya akan turut mendorong terciptanya peningkatan kualitas kinerja Pelaksanaan Anggaran Satker dan selanjutnya terwujud kepuasan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders’ satisfaction). Ketika para pemangku kepentingan merasa puas dengan layanan KPPN Singaraja maka disitulah letak kepuasan KPPN Singaraja, dan disitu pula lah KPPN Singaraja merasa juara. Namun perasaan puas itu tentu tidak sampai melengahkan KPPN Singaraja untuk terus berkarya dan terus berprestasi sebagai bukti bhakti pada negeri. Harapan kita semua, KPPN Singaraja bisa terus meningkatkan layanan dan kinerja organisasi serta selalu sukses dalam setiap langkahnya. Semoga !
KPPN Singaraja,
Profesional dalam Bekerja, Tulus dan Bersahabat dalam Melayani