Berita

Seputar KPPN Sukabumi

Akhir Triwulan I, Realisasi APBN di KPPN Sukabumi Tembus 2 Triliun

SUKABUMI – Hingga akhir triwulan I 2023, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sukabumi telah merealisasikan belanja APBN sebesar Rp2 triliun atau 23,93 persen dari total pagu sebesar Rp8,4 triliun.

Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi pada Selasa (18/04/2023) menjelaskan bahwa realisasi belanja tersebut tumbuh 5,7 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pada periode Maret 2022, realisasi mencapai Rp654,7 miliar atau sebesar 18,2 persen dari pagu sebesar Rp3,59 triliun.

“Pertumbuhan ini disebabkan adanya realisasi dari dana transfer, yang totalnya mencapai 1,7 triliun,” ujar Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi

Realisasi dana transfer tersebut meliputi penyaluran untuk DAU Dana Bagi Hasil, BOS, BOP PAUD, BOP Pendidikan Kesetaraan, DAK Nonfisik Lainnya, Dana Desa dan BLT Dana Desa yang tersebar pada Pemerintah Kota Sukabumi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, dan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

“Untuk diketahui, mulai tahun 2023, seluruh KPPN di daerah menyalurkan dana transfer, kecuali hibah yang disalurkan melalui KPPN Jakarta I,” jelas Abdul Lutfi.

Sementara untuk realisasi belanja pemerintah pusat per akhir triwulan I 2023 sudah mencapai angka sebesar Rp287,8 miliar atau sebesar 17,9 persen dari pagu belanja pemerintah pusat sebesar Rp1,6 triliun. Realisasi ini tumbuh sebesar 1,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Realisasi belanja pemerintah pusat tersebut meliputi belanja modal, belanja barang, belanja bantuan sosial dan belanja pegawai.

KPPN Sukabumi terus mendorong satuan-satuan kerja dan pemda untuk terus berupaya maksimal dalam mengakselerasi penyerapan dana yang bersumber dari APBN. Langkah-langkah strategis perlu dibuat agar memacu kinerja keuangan pada masing-masing satuan kerja dan pemda.

“Semoga capaian realisasi belanja ini dapat menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur,” pungkas Abdul Lutfi. (Rmt/Nov)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search