Berita

Seputar KPPN Sukabumi

Kunjungan ke KPPN Sukabumi, Kepala Kanwil DJPb Jabar Sampaikan Agar Kerja Efektif, Efisien, dan Produktif

SUKABUMI – Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho, mengawali bulan Februari 2024, melakukan kunjungan kerja ke KPPN Sukabumi. Kedatangan Kepala Kanwil DJPb Jabar ini untuk memberikan suntikan semangat guna mengawal tugas dan peran baru di KPPN Sukabumi yang meliputi sebagai treasurer, financial advisor dan regional chief economist.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja KPPN Sukabumi dengan berbagai capaian di tahun 2023, seperti keikutsertaan dalam penilaian Champion Office yang mewakili KPPN Tipe A nonprovinsi di tingkat Kementerian Keuangan, juga berbagai torehan kinerja lainnya seperti realisasi APBN yang melebihi target,” ujar Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho saat memberikan arahan di KPPN Sukabumi pada Jumat (02/02/2024). Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat didampingi oleh Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II/b, Rokky Zaki Vijay.

Ia menjelaskan bahwa keikutsertaan KPPN Sukabumi dalam penilaian champion office tahun 2023 sangat membanggakan. Hal ini karena meskipun KPPN Sukabumi meraih peringkat ke-6 untuk tingkat Kementerian Keuangan, tetapi untuk tingkat DJPb, KPPN Sukabumi memiliki nilai tertinggi atau dengan kata lain, menjadi KPPN terbaik di tingkat DJPb. Selanjutnya, Heru juga menyampaikan beberapa pesan untuk memberikan motivasi kepada seluruh pegawai KPPN Sukabumi agar kinerjanya makin meningkat di tengah tantangan dan peran baru sehingga DJPb terus melakukan transformasi.

“Transformasi merupakan ruhnya DJPb. Transformasi terus dilakukan untuk membangun organisasi yang efektif pada era Industry 4.0 dan Society 5.0. Transformasi organisasi di DJPb dilakukan melalui perubahan mekanistik melalui modernisasi treasury. Sedangkan perubahan organik melalui peningkatan skill analitikal, yaitu melalui Regional Economic Surveillance dan Financial Adviso,” ungkapnya.

“Untuk mendukung transformasi tersebut, perlu ditanamkan pola kerja yang efektif, efisien, dan produktif,” lanjutnya.

 Kerja produktif lebih menekankan pada kemampuan seseorang dalam menghasilkan berbagai tugas dibanding ukuran normalnya. Seseorang dapat dikatakan produktif jika memiliki dua aspek, yaitu efisien dan efektif. Efektivitas kerja menekankan pada pencapaian cara kerja yang maksimal melalui kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu. Sementara efisiensi lebih berkaitan antara input yang dikerjakan dan realisasi yang dicapai.

Dalam kunjungan kerja ini, Heru berkesempatan untuk memberikan penghargaan pegawai teladan KPPN Sukabumi untuk periode semester II 2023, yaitu Nur Awalina, staf pada Seksi Bank. Selanjutnya, turut pula menyaksikan penandatanganan dan pembacaan Pakta Netralitas Pegawai pada Pemilu 2024.

Heru juga menyempatkan melakukan kunjungan ke kantor Walikota Sukabumi sekaligus berdiskusi dengan Pj. Walikota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Kemudian memberikan piagam penghargaan kepada Pemkot Sukabumi sebagai Pemda Teraktif dan Peduli Pengembangan UMKM Lingkup KPPN Sukabumi. Kunjungan diakhir dengan menjadi narasumber bersama Pj. Walikota Sukabumi, Kusmana Hartadji dalam kegiatan acara program podcast KPPN Sukabumi bernama Obrolan Cerdas Opini Penuh Manfaat (Oncom). Podcast kali ini berkolaborasi dengan Radio Swara Perintis Sukabumi dengan mengangkat  tema,”UMKM Naik Kelas, Kunci Menuju Indonesia Emas”. (rt/ng)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search