Berita

Seputar KPPN Sukabumi

Penyaluran TKD Tersendat, KPPN Sukabumi Undang Pemkab Sukabumi

SUKABUMI - Kondisi penyaluran TKD di berbagai pemda wilayah kerja KPPN Sukabumi berbeda-beda. Ada yang penyalurannya lancar, ada pula yang tersendat, seperti yang dialami oleh Pemkab Sukabumi terkait penyaluran DAU Spesific Grant.

“Hingga saat ini, belum terdapat penyaluran untuk DAU Spesific Grant pada Pemkab Sukabumi untuk semua jenis, baik itu untuk pendanaan untuk kelurahan dan kebutuhan penggajian PPPK hingga bidang pekerjaan umum, bidang kesehatan, maupun bidang pendidikan,” ujar Abdul Lutfi saat memberikan sambutan dalam acara FGD Evaluasi Penyaluran TKD pada Rabu (17/04/2024) di ruangan rapat KPPN Sukabumi.

Abdul Lutfi juga menjelaskan bahwa DAU Block Grant Pemkab Sukabumi pun mengalami penundaan sebesar 25%. Tentunya hal ini akan mengganggu jalannya roda pemerintahan daerah.

KPPN Sukabumi mengundang jajaran Pemkab Sukabumi untuk mengetahui penyebab tersendatnya penyaluran TKD DAU Spesific Grant. Acara yang juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman ini terungkap beberapa hal yang menjadi penyebab terkendalanya penyaluran DAU Spesific Grant. Salah satunya adalah karena adanya pergantian beberapa pejabat di Pemkab Sukabumi di lingkup BKAD. Para pejabat yang baru ini perlu adaptasi atas pekerjaan barunya serta beberapa persyaratan untuk penyaluran dimaksud masih dalam proses.

“Penyebab tertundanya DAU Block Grant setelah dilakukan penelitian adalah kurang teliti dalam menyampaikan syarat salur sehingga terjadi keterlambatan,” jelas Ade Suryaman.

“Ke depan hal ini menjadi perhatian seluruh jajaran di BKAD untuk lebih teliti dalam penyampaian syarat salur,” imbuh Ade Suryaman.

Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai kebijakan dan mekanisme penyaluran DAU Block Grant maupun Spesific Grant oleh Kepala Seksi Bank, Rahmattullah.

Dari penjelasan yang telah disampaikan, pihak Pemkab Sukabumi berkomitmen untuk menindaklanjuti dan melakukan upaya akselerasi penyaluran DAU Spesific Grant dan menindaklnjuti kendala tertundanya penyaluran DAU Block Grant. Diharapkan pekan depan dapat segera menyampaikan semua persyaratan sehingga dana dapat diterima Pemkab Sukabumi lebih cepat. (rt/ng)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search