Jl. Mayor Abdurachman No.225 Sumedang 45322

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Wahana Body Rafting Green Canyon, Berenang dan Uji Nyali Arungi Sungai Cijulang

Wahana Body Rafting Green Canyon,

Berenang dan Uji Nyali Arungi Sungai Cijulang 

 Suatu kesempatan berharga dan pengalaman yang luar biasa bagi kami, sebagai bagian keluarga besar KPPN Sumedang. Medio Juli 2017 diselenggarakan kegiatan Peningkatan Kualitas SDM di Kabupaten Pangandaran, khususnya di pantai Batu Karas dan pantai Pangandaran. Namun hal yang spesial  adalah tantangan Body Rafting di areal Green Canyon. Nuansa dan suasana alam terbuka sebagai lokasi Capacity Building sangat mendukung tujuan kegiatan sebagai sarana untuk memberikan penyegaran para pegawai KPPN Sumedang agar kembali bersemangat dan berkinerja tinggi.

                   Pegawai sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset berharga dalam suatu organisasi yang memegang peranan utama dan penting dalam mewujudkan tujuan organisasi. Kegiatan rutinitas kantor dapat menjadi penyebab menurunnya kualitas kinerja pegawai. Untuk itu perlu adanya refreshing dan kegiatan relaksasi untuk menjaga stamina dan semangat pegawai agar dapat berkinerja secara optimal dengan dilandasi kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

            Kegiatan Capacity Building Tahun 2017 tersebut dilaksanakan dalam bentuk Body Rafting” di area Green Canyon khusus untuk para PNS-nya sedangkan Family Gathering diperuntukkan bagi tenaga PPNPN beserta keluarga besar yang tidak ikut kegiatan body rafting. Bentuk permainan dan kemasannya  dibuat having fun dan safety secara mandiri dengan mengambil lokasi di pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran.

          Kegiatan Capacity Building  Tahun 2017 tersebut bertujuan untuk :

  1. Memberikan penyegaran sekaligus edukasi para pejabat dan pegawai KPPN Sumedang;
  2. Menjalin kekompakan, solidititas, dan kebersamaan para pejabat dan pegawai KPPN Sumedang;
  3. Menggali potensi individu para pejabat dan pegawai KPPN Sumedang guna pengembangan dan peningkatan kualitas pribadi dan kinerjanya;
  4. Mengedukasi seluruh pegawai agar memahami pentingnya alam sekitar, sehingga menumbuhkan kepedulian, kecintaan dan kelestarian alam/lingkungan;
  5. Mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antara pegawai KPPN Sumedang dengan anggota keluarga masing-masing pegawai.

Kenapa panitia pelaksana memilih dan menawarkan wahana atau tantangan body rafting di green canyon? Ada beberapa alasan yang cukup dipahami, antara lain:

  1. Wahana tersebut sangat difavoritkan oleh wisatawan saat liburan ke objek wisata Green Canyon,Pangandaran Jawa Barat;
  2. Wahana tersebut dapat dinikmati seluruh keindahan obyeknya tanpa terlewat sedikitpun dari hulu sungai Cijulang sampai lokasi utama green canyon;
  3. Wahana baru yang belum pernah diikuti dalam oleh seluruh pegawai KPPN Sumedang, sehingga peserta diharapkan mendapatkan pengalaman baru yang menantang dan surprise.

 

Apa itu body rafting green canyon?

"Body rafting green canyon adalah suatu kegiatan petualangan mengarungi arus sungai di sepanjang area green canyon dari hulu sungai Cijulang hingga lokasi utama  green canyon dengan cara berenang bebas di air memakai perlengkapan safety dan diawasi oleh pemandu."

 

 

 

Sebagian besar peserta tidak mahir berenang meskipun di sungai arus biasa apalagi arus deras. Namun para istruktur mengawal dan memberikan support  agar tim KPPN Sumedang berhasil mengarungi wahana ini. “ Bapak Ibu tidak usah khawatir bila tidak  bisa berenang, karena body rafting ini sangat aman selama mengikuti prosedur keamanan dari kami, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,karena sebelum melakukan kegiatan body rafting Anda diberikan pengarahan dan tekhnik terlebih dahulu oleh crew’, ujar Edo, pimpinan crew.

 

Body Rafting merupakan kegiatan menyeimbangkan tubuh di permukaan air dengan teknik mengambang ataupun mengapung. Body Rafting Green Canyon merupakan wahana sekaligus tantangan petualang mengarungi indahnya sungai Cijulang di sepanjang area green canyon dengan panorama alam yang begitu luar biasa menakjubkan seperti tebing-tebing menjulang tinggi, air terjun,stalagnit-stalagnit, dan banyak lagi keindahan alam yang lainnya. Lama perjalanan ditempuh dalam durasi waktu 4 hingga 5 jam.

Sebagai persiapan awal yang harus dilakukan oleh peserta body rafting yaitu memakai peralatan safety seperti pelampung, helmet, dan sepatu yang dilakukan oleh guide sangat penting sekali soalnya untuk keamanan dan keselamatan. Setelah sampai di basecamp peserta akan dipersilahkan untuk istirahat sebentar dan pengecekan ulang peralatan body rafting barangkali peralatan peserta ada yang longgar atau kurang nyaman. Di basecamp peserta diperbolehkan untuk mengabadikan moment dengan berfoto bersama. Peserta diberikan arahan dan pemanasan oleh instruktur sebelum melaksanakan body rafting.

Selanjutnysa peserta akan tracking kurang lebih 100 meter menuju starpoint yakni di depan goa kelelawar.  Peserta bisa istirahat sebentar dan diperbolehkan untuk berfoto bersama. Di tengah perjalanan ada rest area. Peserta diperbolehkan istirahat kurang lebih 15 menit,untuk melepaskan kelelahan sejenak. Setelah peserta selesai istirahat perjalanan body rafting pun dilanjutkan sampai titik terakhir yakni lokasi utama green canyon.

Ada juga yang namanya batu payung atau batu jamur dinamakan batu payung atau batu jamur dikarnakan bentuknya yang menyerupai payung atau jamur yang ketinggiannya mencapai 7 meter dan boleh di lompati bagi yang berani saja

Di penghujung perjalanan semua peserta body rafting naik perahu jemputan untuk kembali ke kantor dan body rafting green canyon pun berakhir. Itulah sekilas tentang pengalaman seru dan memacu adrenalin peserta. Peserta pun banyak yang pengin lagi menikmati di lain kesempatan.

   

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI:     

  

 LAYANAN PENGADUAN

 

 

  

 

Search