Hai CSO adalah layanan Contact Center yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Layanan ini memungkinkan satuan kerja untuk berkonsultasi secara online dengan Customer Service Officer (CSO) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) atau Kantor Wilayah (Kanwil) tanpa harus datang langsung. Hai CSO memudahkan satuan kerja dalam mengajukan pertanyaan atau menyelesaikan masalah terkait administrasi keuangan dan anggaran melalui tiket elektronik yang dapat dipantau statusnya. Hai CSO adalah layanan yang terintegrasi dengan aplikasi MONSAKTI. Seiring dengan adanya penyempurnaan, layanan Hai CSO mengalami perubahan dimana pada akhir tahun 2023 layanan Hai CSO yang semula terintegrasi pada aplikasi OMSPAN (Online Monitoring SPAN), sekarang terintegarasi dengan aplikasi MONSAKTI.
MONSAKTI (Monitoring Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) adalah aplikasi yang digunakan untuk monitoring, pengendalian, pengawasan, rekonsiliasi, pelaporan, dan evaluasi transaksi keuangan negara. Aplikasi ini membantu satuan kerja dalam melakukan pengawasan dan pengendalian internal serta monitoring dan evaluasi transaksi keuangan negara.
Cara Menggunakan Hai CSO dengan Aplikasi MONSAKTI
- Buka Aplikasi MONSAKTI menggunakan tautan: https://monsakti.kemenkeu.go.id/
- Login ke Aplikasi MONSAKTI: Untuk masuk ke aplikasi MONSAKTI pengguna harus memiliki Akun SAKTI, dengan cara memasukan NIK dan Password aplikasi SAKTI dan lengkapi isian kode Captcha lalu klik tombol Masuk.
- Akses Layanan Hai CSO: Setelah login, pengguna dapat mengakses Tiket Hai CSO di daftar menu dan pilih sub menu Tiket Bantuan dan Layanan Perbendaharaan.
- Mengajukan Pertanyaan atau Masalah:
- Buat Tiket: Pengguna dapat membuat tiket elektronik untuk mengajukan pertanyaan atau melaporkan masalah terkait administrasi keuangan dan anggaran.
- Pilih Tujuan Pertanyaan: Pilih jenis layanan yang sesuai, seperti layanan perbendaharaan-KPPN untuk pertanyaan yang ditujukan kepada KPPN mitra kerja, layanan revisi DIPA/Register Hibah-Kanwil untuk pertanyaan yang ditujukan ke Kanwil DJPbt, Layanan Pinjaman dan Hibah-KPPN Khusus Pinjaman dan Hibah terkait proses pembayaran pinjaman dan hibah yang dilakukan oleh KPPN Khusus Pinjaman dan Hibah (KPPN KPH) dan Layanan SPM KP KPPN Jakarta-KPPN terkait SPM KP khusus pada satker KPP Lingkup DKI Jakarta.
- Isi Detail Tiket: Isi detail tiket dengan informasi yang diperlukan, seperti deskripsi masalah, lampiran dokumen pendukung, dan kontak yang dapat dihubungi, Dan klik KIRIM.
- Pantau Status Tiket: Pengguna dapat memantau status tiket yang telah dibuat melalui aplikasi MONSAKTI. Status tiket dapat berupa Menunggu Konfirmasi/tanggapan, selesai, Kirim ke Hai untuk tiket yang diteruskan ke Hai DJPb.
- Interaksi dengan CSO: CSO akan memberikan tanggapan dan solusi melalui tiket elektronik. Pengguna dapat berinteraksi dengan CSO untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau mengklarifikasi informasi.
- Memberikan feedback: terhadap tiket yang telah selesai dilayani, pengguna agar dapat memberikan feedback atas layanan yang telah diberikan.
Penggunaan layanan Hai CSO melalui aplikasi MONSAKTI memberikan kemudahan dan efisiensi bagi satuan kerja dalam mengelola administrasi keuangan dan anggaran. Dengan fitur-fitur yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan, melaporkan masalah, dan memantau status tiket secara online tanpa harus datang langsung ke kantor KPPN atau Kanwil. Aplikasi MONSAKTI juga mendukung pengawasan dan pengendalian internal yang lebih efektif, serta meningkatkan kolaborasi antar kementerian/lembaga dalam pengelolaan keuangan negara.
Dengan memanfaatkan layanan ini, satuan kerja dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memastikan bahwa proses administrasi keuangan berjalan dengan lancar dan transparan. Semoga literasi ini membantu Anda dalam memahami dan menggunakan layanan Hai CSO dengan aplikasi MONSAKTI secara optimal. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi CSO melalui aplikasi MONSAKTI. 😊
Terima kasih telah menggunakan layanan ini!
Penulis: Akhyar Habib (Fungsional PTPN Mahir KPPN Tanjung Balai)