Penilaian Akhir Kantor Pelayanan Terbaik (KPT)
di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2020
Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan dilaksanakan setiap tahun sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi, dan prestasi dalam rangka percepatan reformasi birokrasi menuju ZI-WBK/WBBM dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat.
Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara (KPPN) Tipe A1 Tanjungpinang telah ditetapkan menjadi salah satu peserta dari 3 (tiga) KPPN terbaik untuk mengikuti penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2020. KPPN Tanjungpinang telah mempersiapkan diri untuk penilaian tersebut dan juga telah mempersiapkan semua kelengkapan dokumen mengacu pada KMK Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan. Tahap demi tahapan telah dilalui dan KPPN Tanjungpinang mengikuti penilaian akhir. Mengingat kondisi pandemi COVID-19, Penilaian Akhir dilaksanakan secara virtual melalui media video conference pada hari Rabu tanggal 23 September 2020, di Aula Rapat KPPN Tanjungpinang.
Penilaian akhir diawali dengan Pembukaan oleh Kepala Biro Organta Setjen Kementerian Keuangan, Dini Kusumawati dan dilanjutkan dengan Presentasi dari masing-masing Kepala KPPN. KPPN Tanjungpinang mendapatkan urutan pertama menyampaikan presentasi dihadapan 3 (tiga) penilai yaitu Kepala Biro Organta Setjen Kemenkeu bersama Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak, Hantriono Joko Susilo dan Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara, Dedi Syarif Usman. Aprijon selaku Kepala KPPN Tanjungpinang menyampaikan pemaparan mengenai Sinkronisasi Visi KPPN Tanjungpinang yang mendukung Visi Presiden dan Wakil Presiden, Kebijakan Mutu KPPN Tanjungpinang, Sarana dan Prasarana, Rencana dan target KPPN Tanjungpinang, Inovasi yang telah berjalan, efektifitas Pelayanan KPPN Tanjungpinang dengan perbandingan jumlah pegawai dan volume kerja, Peran Strategis KPPN, Sinergi baik internal maupun eksternal,prestasi yang telah diraih KPPN Tanjungpinang, social engagement atau kontribusi masyarakat oleh KPPN Tanjungpinang, dan pelayanan selama new normal dengan 2 aplikasi terbaru di masa pandemi ini, yakni TanJaK (Tanya Jawab Keuangan) dan New Melati (Media Layanan Seketika).
Setelah presentasi oleh Kepala KPPN, dilanjutkan dengan wawancara dari tim penilai berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh Kepala Kantor yakni tugas dan fungsi KPPN Tanjungpinang itu sendiri.
KPPN Tanjungpinang memohon doa restu dan dukungan dari stakeholder KPPN Tanjungpinang agar dapat terpilih menjadi Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2020 dan dapat terus memberikan pelayanan prima dengan memegang teguh Integritas.
KPPN Tanjungpinang !
“Layanan Prima, Tanpa Biaya”
Tetap semangat menuju cita-cita luhur bangsa
Kontributor : Veronika
Editor : Moh. Rahman