Tegal

Berita

Seputar Kanwil DJPb

FGD ANALISIS EKONOMI REGIONAL DATA ANALYTICS

Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM terutama tentang data analitik, Kantor Pelayanan Perbendahraan Negara Tegal mengundang Badan Pusat Statistik Kota Tegal melaksanakan FGD analisis ekonomi regional data analytics dengan topik inflasi dan peran yang harus dilakukan untuk pengendaliannya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula utama Kantor Pelayanan Perbendahraan Negara Tegal pada tanggal 21 Februari 2024 dan dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dengan narasumber Bapak Eman Sulaiman selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kota Tegal. Pada kegitan ini acara di pandu oleh Bapak Suwatno sebagai Kepala Subbagian Umum dan sebagai Plt.Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi pada Kantor Pelayanan Perbendahraan Negara Tegal yang baru menjabat per 18 Februari 2024. Selain di hadiri seluruh pegawai Kantor Pelayanan Perbendahraan Negara Tegal, turut juga di hadiri dari perwakilan mahasiswa yaitu dari Universitas Pancasakti Tegal.

Selanjutanya Bapak Eman Sulaiman menyampaikan mengenai konsep dasar umum inflasi dan indeks harga. Dijelaskan bahwa Inflasi/deflasi adalah angka yang menunjukkan perubahan harga barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat secara umum. Tingkat inflasi diukur dari persentase perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK), sedangkan indeks harga merupakan Indikator untuk menggambarkan tingkat harga di suatu wilayah dalam periode tertentu. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga. Infalsi maupun deflasi juga sangat berperan dalam beberap hal seperti : Indeksasi upah dan tunjangan gaji pegawai (Wage-Indexation), Penyesuaian Nilai Kontrak (Contractual Payment), Eskalasi Nilai Proyek (Project Escalation), Penentuan Target Inflasi (Inflation Targeting), Indeksasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Budget Indexation), Sebagai pembagi PDB/PDRB (GDP Deflator), Sebagai proksi perubahan biaya hidup (Proxy of Cost of Living), dan Sebagai proksi perubahan biaya hidup (Proxy of Cost of Living).

Bapak Eman Sulaiman juga menyampaikan Interpretasi Andil Inflasi/ Deflasi pada bulan Januari 2024 di Kota Tegal, bahwa ternyata yang paling dominan membuat kondisi Kota Tegal mengalami deflasi pada bulan Januari 2024 adalah terjadinya penurunan Indeks Harga Konsumen pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, sementara ada juga kelompok lain namun tidak berpengaruh secara signifikan, kelompok tersebut adalah kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga, trasnportasi maupun rekreasi olah raga dan budaya.
Namun jika dilihat secara umum Kota Tegal justru mengalami inflasi karena didukung oleh beberapa kelompok lain yang lebih dominan mempengaruhi terjadinya kenaikan Indeks Harga Konsumen, kelompok tersebut adalah makanan minuman dan tembakau, sementara ada juga kelompok lain namun tidak berpengaruh secara signifikan, kelompok tersebut adalah, pakaian dan alas kaki, kelompok perumahan air listrik, dan bahan bakar rumah tangga, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan peralatan rutin rumah tangga, kesehatan, transportasi, dan perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk memperoleh informasi harga, Badan Pusat Statistik Kota Tegal melakukan pemgumpulan data untuk keperluan penyusunan analisis pada 3 pasar di Kota Tegal, yaitu Pasar Pagi, Pasar Kejambon, dan Pasar Langon. Selain itu data juga di kumpulkan di 5 supermarket dan 120 toko/outlite di Kota Tegal.(Bangteqi)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search