Berita

Seputar KPPN Tobelo

Publikasi APBN dan Data Perekonomian Tahun 2022

Akhir Yang Manis.

 

Tobelo, 21 Februari 2023 - Akhir yang manis, mungkin itu adalah ungkapan yang tepat dalam pelaksanaan anggaran tahun 2022. Tahun anggaran 2022 sudah berakhir dan patut kita syukuri karena pelaksanaan anggaran tahun 2022 dapat dilalui dengan baik. Dalam rangka memberikan informasi fiskal regional kepada publik, Kepala KPPN Tobelo bersama dengan Kepala KPP Pratama Tobelo dan Kepala BPS Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan rilis data APBN tahun anggaran untuk wilayah Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur, dan Kabupaten Pulau Morotai dan indikator strategis perekonomian Kabupaten Halmahera Utara serta Bapak Weldi Salindeho sebagai narasumber yang menyampaikan terkait tanggapan atas paparan dari 3 narasumber sebelumnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid di Aula KPPN Tobelo, Selasa (21/2) dengan dipandu oleh Pembawa Acara, Saudara Asep Saepudin Juhri, dan Moderator, Bapak Agung Budi Sanyoto, yang dihadiri oleh perwakilan satuan kerja pengguna APBN, pemerintah daerah, akademisi dan mahasiswa/mahasiswi, serta insan media.

Penyampaian materi diawali dengan materi dari KPP Pratama Tobelo yang disampaikan oleh Bapak Helmy Afrul selaku Kepala KPP Pratama Tobelo, beliau menyampaikan terkait data penerimaan pajak antara lain terkait wajib pajak penentu dan profil wilayah serta kinerja penerimaan perpajakaan yang dibagi per wilayah, sektor, jenis pajak, dan wajib pajak UMKM. Kontribusi terbesar per sektor usaha didominasi oleh Administrasi Pemerintahan dan Jaminan Sosial Wajib serta Pertambangan dan Penggalian pada tahun 2022, beliau juga menyampaikan terkait program Direktorat Jenderal Pajak yaitu pemadanan NIK-NPWP.

Selanjutnya Bapak Toni, Kepala KPPN Tobelo, menyampaikan materi terkait dengan belanja negara pada lingkup yang menjadi tanggung jawab KPPN Tobelo, beliau menyampaikan bahwa postur APBN yang dikelola KPPN Tobelo sampai dengan 31 Desember 2022 yang meliputi Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur, dan Kabupaten Pulau Morotai terdiri dari 1 Satker Kantor Pusat, 61 Satker Kantor Daerah, 2 Satker Tugas Pembantuan, dan 1 Satker Desentralisasi dengan total pagu belanja sebesar Rp1,76 triliun, dan proyeksi PNBP sebesar Rp25,32 miliar.  Lebih lanjut, beliau memaparkan realisasi belanja transfer ke daerah yang disalurkan melalui KPPN Tobelo sampai tanggal 31 Desember 2022 sebesar Rp792,40 miliar tersebut terdiri dari DAK fisik, DAK non fisik, dan dana desa telah disalurkan untuk kabupaten Halmahera Timur sebesar Rp264,93 miliar (91,65%), kabupaten Halmahera Utara sebesar Rp319,09 miliar (95,45%), dan kabupaten Pulau Morotai sebesar Rp334,12 miliar (98,25%).

Setelah itu, Bapak Arifin selaku Kepala BPS Kab. Halmahera Utara menyampaikan materi terkait indikator strategis Kab. Halmahera Utara sampai dengan Triwulan IV 2022 antara lain terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 dengan taraf sedang, data kemiskinan pada Kab. Halmahera Utara, dan data ketenagakerjaan yang masih menunjukan angka cukup tinggi pada jumlah angkatan kerja yang diiringi dengan tingkat pengangguran terbuka.

Atas paparan 3 narasumber sebelumnya, Bapak Weldi Salindeho, Ketua Prodi Akuntansi Politeknik Padamara, sebagai narasumber terakhir menyampaikan tanggapan atas data APBN dan perekonomian tahun 2022 antara lain terkait latar belakang APBN dan data perekonomian, pengaruh APBN terhadap perkonomian, serta pendapat pribadi atas angka kemiskinan dan pengangguran yang mengalami kenaikan, peredaran uang, Pendapatan Asli Daerah (PAD), realisasi APBN/APBD, dan pertumbuhan ekonomi.

Sesi diskusi dan tanya jawab dipandu oleh Bapak Agung sebagai moderator berjalan cukup menarik dengan partisipasi dari seluruh peserta kegiatan dengan tanggapan yang memuaskan dari narasumber kegiatan, kegiatan Publikasi APBN dan Data Perekonomian Tahun 2022 ditutup dengan closing statement dari narasumber, penyerahan sertifikat apresiasi kepada narasumber, dan sesi foto bersama.

Materi kegiatan Publikasi APBN dan Data Perekonomian Tahun 2022 dapat diakses di sini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search