Pada tanggal 26 Desember 2018 Provinsi Maluku Utara termasuk Tobelo mengalami gangguan jaringan Telkom baik internet, telepon dan SMS.
Akibatnya aktivitas layanan perbendaharaan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tobelo, layanan perbankan dan aktivitas komunikasi masyarakat di Tobelo mengalami kelumpuhan sudah hampir mendekati 24 jam, sejak kemarin Rabu, 26 Desember 2018 jam 08.30 WIT. Sampai Kamis pagi ini jaringan internet di Tobelo masih mengalami gangguan. Sesuai informasi yang disampaikan oleh PT Telkom di Tobelo, gangguan jaringan Telkom disebabkan terputusnya kabel fiber optic bawah laut yang menghubungkan jaringan Telkom ke wilayah Maluku Utara.
Bagi KPPN Tobelo, gangguan jaringan internet tersebut mengakibatkan layanan perbendaharaan mengalami gangguan berupa tertundanya proses penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sebagai dasar bagi perbankan untuk melakukan pembayaran kepada pihak penerima pembayaran. SP2D merupakan output akhir KPPN Tobelo dari proses pemeriksaan dan validasi atas Surat Perintah Membayar (SPM) yang diajukan oleh satuan kerja mitra kerja. SP2D berperan sebagai dokumen pencairan dana dari kas Negara ke rekening penerima.
Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah melakukan transformasi dan modernisasi pembayaran melalui Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dimana data SPM yang diajukan oleh satker terhubung dan tercatat dalam sistem SPAN di Kantor Pusat Kementerian Keuangan serta dapat diakses langsung oleh KPPN melalui jaringan intranet untuk diproses lebih lanjut mejadi SP2D. Demikian juga dengan penerimaan Negara, setoran pajak, bukan pajak, cukai dan lain-lain yang dilakukan oleh wajib pajak/wajib setor, penyetorannya dilakukan oleh sistem perbankan yang terhubung langsung dengan sistem SPAN di Kementerian Keuangan.
Di Tobelo sendiri, akses layanan perbendaharaan dan layanan perbankan sangat tergantung kepada jaringan Telkom karena jaringan provider lainnya yang belum tersedia di daerah ini. Dengan demikian apabila terdapat gangguan jaringan internet di Telkom maka akan berdampak tidak berfungsinya jaringan internet baik di KPPN maupun di perbankan. Apalagi saat ini merupakan masa-masa penting bagi satuan kerja, KPPN dan perbankan untuk menyelesaikan pembayaran dan penerimaan Negara sehubungan dengan akan segera berakhirnya tahun anggaran 2018. Atas permasalahan tersebut, KPPN Tobelo mengucapkan permohonan maaf kepada satuan kerja mitra KPPN Tobelo di wilayah Halmahera Utara, Halmahera Timur dan Pulau Morotai. Kementerian Keuangan sejak Rabu kemarin sedang berupaya memulihkan jaringan intranet agar dapat mengakses sistem SPAN. Semoga jaringan internet Telkom di Maluku Utara termasuk Tobelo segera bisa pulih kembali agar layanan pembayaran dan penerimaan negara di akhir tahun 2018 dapat berjalan dengan baik.