Berita

Seputar KPPN Tobelo

Treasury Goes To Campus & Rilis Data APBN dan Perekonomian s.d. Triwulan I 2023

Tobelo, 6 Juni 2023 - Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Tobelo menggelar Treasury Goes To Campus pada tahun 2023 secara tatap muka (onsite) di Aula Universitas Halmahera (Uniera), Rabu (06/06/2023).
Kegiatan Treasury Goes To Campus kali ini diiringi oleh kegiatan Rilis Data APBN dan Perekonomian Sampai Dengan Triwulan I 2023 dengan materi disampaikan oleh Kepala Seksi VeraKI KPPN Tobelo, Agung Budi Sanyoto, Kepala KPP Pratama Tobelo, Helmy Afrul, dan Kepala BPS Kab. Halmahera Utara, Arifin Muhammad M. Kahar, selaku narasumber serta Dosen Program Studi Manajemen Uniera, Filus Raraga SE. MM selaku moderator. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa/I jurusan Akuntansi dan Manajemen.

Kegiatan pada pagi hari ini diawali dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Kepala KPPN Tobelo, Toni, dengan materi "Kontribusi APBN untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan" yang dilanjutkan dengan kegiatan Rilis Data APBN dan Perekonomian Sampai Dengan Triwulan I 2023. Dalam pemaparan, Kepala KPP Pratama Tobelo menyampaikan data keuangan dan Perekonomian Lingkup wilayah kerja KPP Pratama Tobelo. Beliau menyampaikan bahwa pajak merupakan sumber pembiayaan negara menyeluruh baik untuk belanja rutin maupun pembangunan infrastruktur. Penerimaan pajak adalah dana yang diterima di kas negara yang dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, sebagaimana maksud dari tujuan negara yang disepakati oleh para pendiri awal negara ini yaitu mensejahterakan rakyat, menciptakan kemakmuran yang berasaskan kepada keadilan sosial.

Selanjutnya beliau menyampaikan, wajib pajak pembayar PPh dan PPN terbesar di wilayah kerja KPP Pratama Tobelo, diantaranya Kab. Halmahera Utara, Kab. Halmahera Barat, Kab. Halmahera Timur, dan Kab. Pulau Morotai dari sektor pertambangan dan penggalian, administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib serta perdagangan besar yang di dominasi oleh pengusaha kopra. “Berkat mereka pula dapat tercapainya realisasi penerimaan pajak tahun 2022 sebesar Rp628  miliar lebih dari target penerimaan pajak yang diamanahkan sebesar Rp524 miliar atau tercapai 30 persen,” ungkapnya.


Sementara, Kepala Seksi VeraKI KPPN Tobelo, Agung Budi Sanyoto, menyampaikan realisasi belanja APBN periode sampai dengan Triwulan I tahun 2023. Total belanja pemerintah pusat sebanyak 64 Satker sebanyak Rp872.770.654.000,- sedangkan Belanja Transfer ke Daerah sebanyak 3 satker Rp2.508.808.518.000,-. Beliau juga menyampaikan secara garis besar alokasi pagu DIPA untuk belanja pemerintah dan belanja TKD, manfaat dari tersalurkannya APBN, realisasi belanja pemerintah dan TKD untuk setiap satuan kerja di wilayah kerja KPPN Tobelo sampai dengan Triwulan I 2023, tren realisasi belanja, indikator kinerja pelaksanaan anggaran, dan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran pada tahun 2023.


Sedangkan, Kepala BPS Halmahera Utara, Arifin Muhammad M. Kahar, menjelaskan indikator strategis pada wilayah Kabupaten Halmahera Utara. Beliau menyampaikan bahwa kondisi perekonomian kabupaten Halmahera Utara pada tahun 2022 mengalami laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,71 persen. “Produk Domestik Regional Bruto per kapita Kabupaten Halmahera Utara atas dasar harga berlaku tahun 2021 sebesar Rp 31.75 juta,”.
Sedangkan tiga sektor dengan Share Produk Domestik Regional Bruto tertinggi menurut lapangan usaha yaitu Pertambangan dan Penggalian sebesar 31,93 persen, Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 21,18 persen serta Perdagangan Besar, Eceran, Reparasi mobil, dan Sepeda motor sebesar 12,29 persen.


Sampai dengan akhir acara, peserta yang didominasi oleh mahasiswa/i jurusan Akuntansi dan Manajemen serta staf pengajar terlihat sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung secara interaktif. Peserta bisa menanyakan secara langsung terkait materi yang telah disampaikan kepada para narasumber dan narasumber pun menjawab dengan baik pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta.
Disela-sela kegiatan juga terdapat kuis yang dilaksanakan secara daring kepada peserta yang hadir. Panitia memberikan hadiah kepada 10 peserta kuis terbaik dengan nilai tertinggi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search