Jalan Ampera No.1 Waingapu

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Previous Next

Dengan Penuh Kebanggaan Semua Kabupaten di Sumba Terima Piagam WTP dari Menteri Keuangan.

Sobat, KPPN Waingapu sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di Pulau Sumba meneruskan amanah untuk menyerahkan Piagam dan Plakat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2022 kepada Pemda Sumba Timur, Pemda Sumba Tengah, Pemda Sumba Barat dan Pemda Sumba Barat Daya. 

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion artinya Laporan Keuangan (LK) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yg berlaku umum. Penjelasan laporan keuangan juga telah disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan.

Acara Penyerahan di Kabupaten Sumba Timur diterima langsung oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dan dihadiri oleh Kepala KPPN Waingapu, Kepala Sub Bagian Umum KPPN Waingapu, Kepala Seksi Bank KPPN Waingapu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur,  Asisten 3 Sumba Timur, Kepala BKAD Sumba Timur, Plt. Inspektorat Sumba Timur, dan Sekretaris BKAD Sumba Timur. Untuk Kabupaten Sumba Barat juga diserahkan langsung kepada Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade. Penyerahan ini dilaksanakan di Ruang Aula Bupati Sumba Barat dan dihadiri oleh Kepala KPPN Waingapu, Kepala Sub Bagian Umum KPPN Waingapu, Kepala Seksi Bank KPPN Waingapu, serta tamu undangan yang terdiri dari para Kepala Dinas Sumba Barat serta beberapa pegawai yang sangat antusias menerima piagam tersebut. 

Di Kabupaten Sumba Tengah, KPPN Waingapu disambut dengan hangat oleh Bupati Sumba Tengah beserta jajarannya di Rumah Jabatan Bupati Sumba Tengah. Pada kesempatan-kesempatan yang luar biasa ini Kepala KPPN Waingapu tak hanya menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten-Kabupaten yang memperoleh Piagam WTP tapi juga menyampaikan progres penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa dan menghimbau agar seluruh Kabupaten Sumba di Pulau Sumba segera menyelesaikan tanggungjawabnya mengingat deadline sudah didepan mata. 

“Kabupaten Sumba Barat Daya berhak menerima opini ini dikarenakan telah memenuhi 4 (empat) kriteria utama, yaitu pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kedua, kecukupan pengungkapan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), ketiga, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan keempat, efektivitas sistem pengendalian intern. Sungguh merupakan capaian yang luar biasa karena seperti yang kita ketahui bersama Piagam WTP ini merupakan yang pertama kalinya diterima sejak Kabupaten Sumba Barat Daya berdiri” Ungkap Nur Aida saat menyampaikan sambutannya.  Penerimaan Piagam dan Plakat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Kabupaten Sumba Barat Daya ini diwakili oleh Wakil Bupati Sumba Barat Daya dan disaksikan oleh para tamu undangan yang sangat berbahagia.

Penyerahan Piagam dan Plakat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021 di Kabupaten Sumba Barat Daya menjadi penutup dari rangkaian misi dinas KPPN Waingapu dalam melaksanakan penyerahan Piagam dan Plakat WTP di Pulau Sumba. Semoga prestasi yang sangat luar biasa ini bisa dipertahankan oleh seluruh Kabupaten di Pulau Sumba.

KPPN WAINGAPU #HUMBA | HARMONIS | UNGGUL | MODERN | BERSIH | AKUNTABEL

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search