Gedung Prijadi Praptosuhardjo IIIA Lantai 4. Jalan Budi Utomo Nomor 6 Jakarta

Class of Duta "Empowering Role Models as Transformation Agents to Accelerate Change"

 

Telah dilaksanakan kegiatan Class of Duta pada hari Rabu, 7 Mei 2023, secara daring melalui Microsoft Teams, pada pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Perbendaraan, Bapak Astera Primanto Bhakti dan dihadiri oleh Sekretaris/Direktur serta para Duta Transformasi (Change Agent dan Light House) lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan, perwakilan Central Transformation Office (CTO) Kementerian Keuangan, dan perwakilan Project Management Office Eselon 1 lainnya. Kegiatan Class of Duta Transformasi dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan keberhasilan implementasi Progam Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan dan meningkatkan kapasitas soft skill Duta Tranformasi DJPb.

 Dalam laporan Ketua Project Management Office (PMO) DJPb, disampaikan apresiasi atas terpilihnya para Duta Transformasi  DJPb tahun 2023 pada unit lingkup DJPb serta terpilihnya Duta Transformasi Kementerian Keuangan Tahun 2022 Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah dan Jawa Tengah menjadi 10 besar Duta Transformasi Terbaik tahun 2022. Selanjutnya disampaikan bahwa kegiatan bertemakan “Empowering Role Models as Transformation Agents to Accelerate Change ”, yang berarti mengajak para Duta Transformasi untuk berperan sebagai role model yang tangguh dan memiliki kemampuan adaptif yang baik sehingga dapat mengakselerasi implementasi Transformasi Kelembagaan di unit kerja masing-masing.

Dalam kegiatan, disampaikan keynote speech oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, yang menyampaikan pesan kepada para Duta Transformasi, baik Change Agent maupun Light House Team, untuk dapat menggugah semangat dan memotivasi seluruh pegawai untuk melakukan perubahan bisnis proses dari yang mikro menjadi makro. Sebagai Financial Advisor, dibutuhkan knowledge dan kompetensi yang berbeda sehingga didorong peningkatan kompetensi di berbagai saluran yang tersedia.

Pada sesi  motivational session oleh Afrizal Faisal Ali (Business Planning  and Marketing Strategy PT Energia Prima Nusantara ASTRA Group), disampaikan beberapa hal, yang di antaranya adalah mulai dan berani berubah bila hal yang kita lakukan tidak baik, karena itu akan menjadi “bad habit” yang akan menuntun ke masa depan yang kelam. Ubahlah bad habit menjadi good habit sebagai modal masa depan yang luar biasa. Buatlah progress yang baik dan tahan dengan segala problematika badai yang menghadang.

Selanjutnya diberikan overview program kerja dan tugas Duta Transformasi Kelembagaan Tahun 2023, oleh Bapak Elang Tomi Ariefianto selaku Change Management Officer II. Disampaikan program kerja dan tugas sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 185 tahun 2023 tentang Penetapan Duta Transformasi Kementerian Keuangan Tahun 2023.

Kegiatan ditutup dengan closing statment oleh Kalakhar PMO DJPb, Rd. Yen Yen Nuryeni, yaitu para Duta Transfromasi Kementerian Keuangan harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan bersikap adaptif terhadap perkembangan organisasi terkini.

Materi kegiatan selengkapnya dapat diakses di sini 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search