KPPN Majene Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat

Layanan Pengaduan

Berita

Seputar KPPN Majene

Apa itu SPAN???

Akhir–akhir ini Seringkali kita mendengar kata-kata SPAN, terlebih jika kita ke KPPN bahkan kata-kata itu terlihat di banner yang terletak di ruangan front office. Untuk itu agar kita tidak penasaran dan salah image terhadap kata SPAN, akan dikupas tentang SPAN itu sendiri.

 

Apakah span itu?              

SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA adalah:

       Sistem berbasis COTS;

       Sistem dengan platform ERP;

       Sistem dengan database terpusat;

       Sistem dengan perekaman data hanya satu kali;

       Sistem dengan business rules baku;

       Sistem yang terhubung secara on-line.

 

 

Latar Belakang SPAN

Dalam rangka mewujudkan terbentuknya e-government sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 Tanggal 9 Juni 2003, pemerintah melaksanakan sebuah proyek penyempurnaan manajemen keuangan dan administrasi penerimaan pemerintah. SPAN merupakan sub-program dari program reformasi keuangan publik terbesar dalam sejarah di Indonesia yakni perubahan yang terbesar adalah dalam hal modernisasi penganggaran dan perbendaharaan.

Untuk Reformasi Sistem Manajemen Keuangan meliputi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan terkait dengan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) dari sisi persiapan anggaran (Budget Preparation) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) dari sisi pelaksanaan anggaran dan pertanggungjawaban akuntansi (Budget Execution and Responsibility Accounting). SPAN merupakan program transformasi berskala besar di bidang keuangan negara yang bertujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran dan perbendaharaan negara melalui penyempurnaan proses bisnis dan pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi.

 

Tujuan dan Sasaran SPAN

 

Berdasarkan PMK No 276 tahun 2008 program reformasi SPAN dilaksanakan melalui tiga komponen utama yaitu: reformasi Proses Bisnis, reformasi Sistem Teknologi Informasi, dan Tata Kelola Perubahan. Reformasi Proses Bisnis dikembangkan melalui beberapa modul yaitu perencanaan anggaran (budget preparation), Manajemen DIPA (management of spending authority), Manajemen Komitmen (commitment management), Manajemen Pembayaran (payment management), Manajemen Kas (cash management), Akuntansi (general ledger and chart of account), dan Pelaporan (reporting).

Tujuan dilaksanakan Program Reformasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara sesuai dengan PMK Nomor 276 tahun 2008, adalah :

  • Mengendalikan anggaran Negara, asset, dan kewajiban Pemerintah Pusat;
  • Menyediakan informasi yang komprehensif, dapat dipercaya,
  • Tersedianya sistem pelaporan manajerial tentang tentang operasi keuangan pemerintah yang komprehensif, dapat diandalkan dan realtime;
  • Terwujudnya tahapan transisi penerapan sistem akuntansi dari berbasis kas ke berbasis akrual, dan;
  • Terlaksananya pelayanan kepada publik yang lebih efisien.

Dengan adanya kejelasan tujuan, sasaran dan manfaat dari pelaksanaan reformasi pengelolaan keuangan Negara melalui SPAN, diharapkan program SPAN menghasilkan output berupa sistem pengelolaan keuangan Negara yang profesional, transparan, dan akuntabel sebagaimana amanat Undang-Undang Keuangan Negara.

 

Visi dan Misi SPAN

 

Visi SPAN adalah “Terwujudnya pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara yang transparan dan akuntabel, aman dan mudah diterapkan dengan dukungan sistem informasi manajemen keuangan yang terintegrasi“. Untuk mewujudkan visi tersebut, SPAN mempunyai Misi. Misi SPAN adalah sebagai berikut :

  1. Mengembangkan proses bisnis secara berkelanjutan dengan mendasarkan pada praktek penyelenggaraan yang sesuai dan terbaik.system yang aman, akurat dan handal.
  2. Menerapkan paket solusi yang terintegrasi untuk mendukung system yang aman, akurat dan handal.
  3. Memastikan diterimanya perubahan oleh pemangku kepentingan dan memberikan solusi lengkap terhadap dampak perubahan.

Untuk mendukung visi dan misi SPAN, mottonya adalah “dengan SPAN banyak hal bisa diselesaikan”

 

Keunggulan SPAN

Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) merupakan sistem yang mengintegrasikan data dari siklus pengelolaan keuangan Negara (mulai dari penyusunan anggaran sampai dengan pelaporan) secara online yang akan membawa perubahan terhadap prosedur kerja, sistem aplikasi yang dipergunakan dan organisasi kearah yang lebih baik. Definisi SPAN dapat diuraikan sebagai berikut :

 

a. Integrasi data. Data yang ada di SPAN merupakan satu-satunya data yang dipergunakan untuk berbagai kebutuhan. Data hanya dilakukan satu kali entry dan data yang terkumpul secara terpusat.

b. Secara online. Siapa pun yang memiliki akses terhadap data tersebut dapat mengambil data tersebut dari mana pun, asalkan bisa terhubung dengan internet.

c. Perubahan prosedur kerja

d. Adanya penyempurnaan prosedur kerja.

e. Perubahan system aplikasi

f. Adanya penyempurnaan sistem. Menerapkan paket solusi yang terintegrasi untuk mendukung

g. Perubahan organisasi

 

Pilar SPAN

 

Terdapat 3 (tiga) pilar dalam pengembangan SPAN, yaitu :

       a. Penyempurnaan Proses Bisnis (BPI)

Penelahaan dan perbaikan Treasury Model yang mengacu pada best practices dan kekhasan pada Kementrian Keuangan. BPI bertujuan menyelaraskan antara bisnis proses di DJA dan di DJPBN sehingga menjadi landasan untuk pelaksanaan Commercial Of The Shelf (COTS) solution SPAN

SPAN terdiri atas modul-modul yang dapat dikelompokkan dalam tiga proses yaitu :

 

1. Perencanaan Anggaran, yang terdiri atas Modul Penyusunan Anggaran (Budget Preparation)

 

2. Pelaksanaan Anggaran, yang terdiri atas :

i. Modul Manajemen DIPA (Management of Spending Authority)

ii. Modul Manajemen Komitmen (Commitment Management)

iii. Modul Manajemen Pembayaran (Payment Management)

iv. Modul Penerimaan Negara (Government Receipt )

v. Modul Manajemen Kas (Cash Management)

 

     3. Akuntansi dan Pelaporan yang terdiri dari :

i. Modul Modul Buku Besar dan Bagan Akun Standar

ii. Modul Pelaporan (Reporting)

 

     b.Teknologi Informasi (IT)

    Solusi COTS (Commercial Off The Shelf) menfasilitasi dan mengotomasi implementasi Trasury Model. Program aplikasi berbasis COTS adalah program aplikasi yang dibuat secara khusus oleh perusahaan penyedia software berdasarkan ‘best practices of business process’ pada bidang bersangkutan, sehingga program aplikasi tersebut dapat digunakan secara umum oleh semua institusi untuk menangani bidang bersangkutan.

 

       c.Manajemen Perubahan dan Komunikasi (CMC)

Mempersiapkan organisasi dan sumber daya manusia untuk menerima mindset dan cara kerja baru. Kegiatan manajemen perubah.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - KPPN Majene
Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat 91412
Call Center: 14090
Tel: 0422-22976 Fax: 0422-21026

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search