KPPN Majene Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat

Layanan Pengaduan

Berita

Seputar KPPN Majene

Istilah-Istilah SPAN

Terkait pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) sebagai sistem perbendaharaan dan keuangan negara di masa depan yang rencananya akan mulai diterapkan tahun 2013, perlu diketahui dan dipahami beberapa istilah-istilah yang berkaitan SPAN tersebut agar kita lebih familiar dan lebih siap saat berinteraksi di dalamnya. Istilah-istilah tersebut akan kami sajikan secara bersambung.

  • Allotment (Otorisasi Kredit Anggaran)

Dokumen pelaksanaan anggaran yang menunjukkan bagian dari apropriasi yang disediakan bagi instansi dan digunakan untuk memperoleh uang dari Bendahara Umum Negara/Daerah guna membiayai pengeluaran-pengeluaran selama periode otorisasi tersebut (DIPA - biasanya satu tahun anggaran).

  • Annual Financial Plan (AFP)

Rencana atau proyeksi pengeluaran yang terdiri atas rencana pengeluaran selama 12 bulan dalam setahun, dan dicantumkan dalam halaman III DIPA.

  •  Apropriasi

Anggaran yang disetujui DPR/DPRD yang merupakan mandat yang diberikan kepada Presiden/Kepala Daerah untuk melakukan pengeluaran-pengeluaran sesuai tujuan yang ditetapkan.

  • Approval

Proses persetujuan suatu dokumen oleh pejabat yang berwenang.

  • Bagan Akun Standar (BAS) atau Chart of Account (CoA)

Daftar perkiraan buku besar yang ditetapkan dan disusun secara sistematis untuk memudahkan perencanaan, pelaksanaan anggaran serta pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan pemerintah pusat.

  • Business Process Improvement (BPI)

Penyempurnaan proses bisnis yang dilakukan dengan dukungan teknologi informasi, meliputi analisis proses bisnis yang saat ini berjalan serta penyempurnaan future business process (proses bisnis masa depan) yang selaras dengan kebutuhan dan memaksimalkan keunggulan teknologi informasi.

  • Commitment Application Number (CAN)

Nomor register yang diberikan oleh KPPN sebagai referensi terhadap data komitmen valid yang disampaikan melalui resume tagihan oleh satker. 

  • Carry Forward

Suatu jenis pendekatan untuk menentukan perlakuan atas sejumlah dana yang telah dilakukan pencatatan komitmen akan tetapi tidak dicairkan hingga tahun anggaran berakhir.

  • Security Policy

Kebijakan keamanan sistem informasi dan basis data guna melindungi kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan aset informasi dari berbagai bentuk ancaman keamanan informasi baik sengaja maupun tidak sengaja merusak, mencuri atau menyalahgunakan data.

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Dua aspek teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.  

  • User Acceptance Test (UAT)

Proses pengujian atas sistem yang telah dikembangkan oleh penyedia sistem kepada pengguna (user) sebagai verifikasi akhir untuk mendapatkan konfirmasi bahwa sistem tersebut telah memenuhi persyaratan yang disepakati dan siap untuk digunakan sebagaimana tujuannya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - KPPN Majene
Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat 91412
Call Center: 14090
Tel: 0422-22976 Fax: 0422-21026

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search