Gd Keuangan Negara Jl. Kusumanegara No.11 Provinsi DIY

Budaya Organisasi Kementerian Keuangan

Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang di anut oleh para anggota organisasi tersebut sehingga membedakan suatu organisasi dengan organisasi lain nya. sistem makna ini merupakan karakteristik yang dijunjung oleh organisasi. Kementrian keuangan memiliki lima budaya organisasi yang wajib dijalankan oleh pegawai Kementrian Keuangan. Lima budaya tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 127/KMK.01/2013 tanggal 03 April 2013 tentang PROGRAM BUDAYA LINGKUNGAN KEMENTRIAN KEUANGAN TAHUN 2013, yang terdiri dari:

  1. Satu informasi setiap hari: Dalam rangka mendoorng seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementrian Keuangan (Pegawai Kementrian Keuangan) mencari informasi yang positif dan membaginya (sharing) dengan Pegawai Kementrian Keuangan lain nya untuk pengetahuan bersama.
  2. Dua menit sebelum jadwal : Melatih, membiasakan dan menumbuhkan kedisiplinan seluruh Pegawai Kementrian Keuangan dengan hadir di ruang/tempat rapat 2 (dua) menit sebelum rapat di mulai sesuai jadwal, guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi rapat.
  3. Tiga dalam setiap hari : Mendorong seluruh Pegawai Kementrian Keuangan terbiasa memberikan pelayanan terbiak dan bersikap sopan serta santun, dengan memberikan salam sesuai dengan waktunya, yatu selamat pagi, selamat siang dan selamat sore
  4. Rencanakan, kerjakan, monitoring dan tindaklanjuti (Plan-do-check-action): Agar seluruh Pegawai Kementrian Keuangan dalam melaksanakan tugas sehari-hari menerapkan etos kerja dan prinsip manajemen yang baik, dengan senantiasa membuat perencanaan terlebih dahulu, mengerjakan hingga tuntas dan benar, memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasil nya dan menindaklanjuti hasil untuk dilakukan perbaikan.
  5. Ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R): Mendorong tumbuh nya kesadaran, keyakinan dan kepedulian Pegawai Kementrian Keuangan terkait penting nya penataan ruang kantor dan dokumen kerja yang ringkas, rapi, resik/bersih melalui perawatan yang dilakukan secara rutin, agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman guna meningkatkan etos kerja dan semangat berkarya

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search