Gd. A Lantai 2 dan 3, Komplek GKN, Jl Tgk. Chik Ditiro, Banda Aceh

Portal InTress Aceh

Inovasi Kanwil DJPb Provinsi Aceh

Kanwil DJPb Provinsi Aceh telah menghasilkan berbagai inovasi layanan selama tahun 2023, antara lain:

 

1. Aplikasi New Seulanga

Seulanga merupakan inovasi berupa aplikasi yang berkaitan dengan teknologi informasi yang dikembangkan oleh Kanwil DJPb Prov. Aceh. Pada tahun 2021, aplikasi ini digunakan untuk membantu pemenuhan dokumen akselerasi WBBM Kanwil DJPb. Pada Tahun 2022, dilakukan pengembangan dimana aplikasi ini menjadi wadah Integrasi beberapa inovasi terkait pemenuhan dokumen dan pengelolaan kinerja Kanwil. Dilakukan penambahan modul baru yaitu WBK/WBBM untuk membantu pemenuhan dokumen akselerasi WBK/WBBM Kanwil DJPb Provinsi Aceh beserta KPPN Lingkup Kanwil. serta dilakukan integrasi sistem pengelolaan kinerja dimana Aplikasi SIKINA yang dibuat pada tahun 2022 di integrasi ke dalam Aplikasi Seulanga. dan juga Aplikasi Raga Kopi yang dibuat pada tahun 2021. Pada tahun 2023, dilakukan pengembangan kembali Aplikasi Seulanga menjadi Aplikasi New Seulanga dimana terdapat penambahan menu Modul Layanan TIK dan Modul Pengawasan Dokumen KI yang menjadi sarana asistensi dan pelayanan TIK Seksi Teknis Aplikasi Bidang SKKI kepada para pegawai yang memerlukan bantuan terkait sarpras TIK dan menjadi sarana dalam mengawasi pemantauan dokumen pelaporan tugas kepatuhan internal seksi Kepatuhan Internal Bidang SKKI.

 

2. Dashboard Perkembangan Fiskal dan Ekonomi Makro

Strategic Briefsheet (SBS) sebagai saluran laporan utama implementasi Regional Chief Economist (RCE) Kanwil DJPb kepada Kantor Pusat diharapkan dapat menjadi intisari atas kondisi perekonomian regional, termasuk di dalamnya aktivitas sinergi dan koordinasi RCE yang terjadi di daerah. Dalam rangka penajaman kualitas laporan SBS dan sebagai upaya peningkatan penyampaian informasi, komunikasi serta peningkatan pelayanan publik, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh terus menyempurnakan laporan SBS dengan membuat inovasi Dashboard Infografis Perkembangan Fiskal dan Ekonomi Makro atau dashboard SBS yang lebih informatif sehingga dapat menjelaskan kondisi ekonomi dan fiskal di Provinsi Aceh secara terperinci. Inovasi tersebut dapat diakses pada alamat bit.ly/infografis_sbsrce serta dicantumkan pada setiap Laporan Bulanan SBS RCE Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh.

 

3. Dashboard Monitoring Kegiatan (MOKA)

Dashboard MOKA merupakan inovasi terkait pengelolaan kinerja berupa dashboard monitoring pelaksanaan kegiatan pada bidang dan bagian Kanwil DJPb Provinsi Aceh yang mendukung pencapaian kinerja organisasi baik kegiatan internal maupun kegiatan eksternal seperti sosialisasi, internalisasi, rapat Weekly Meeting, Gugus Kendali Mutu, dan Morning Call. Pada dashboard MOKA juga terdapat monitoring kelengkapan pelaporan dokumen pelaksanaan kegiatan guna mendukung pemenuhan dokumen pada Laporan Langkah-Langkah Peningkatan Kualitas Pengelolaan Kinerja (LLPKPK) Kanwil DJPb Provinsi Aceh. Dashboard MOKA dapat diakses melalui tautan bit.ly/MOKA_. Perbedaan dengan aplikasi RAGAKOPI adalah dashboard ini dapat memonitor laporan kegiatan yang sudah dikumpulkan atau belum dan sudah dilaksanakan atau tidak dan sudah lengkap atau tidak.

 

 

 4. Layanan Apresiasi Lapor Gratifikasi (Relasi).

RELASI merupakan inovasi pemberian apresiasi lapor gratifikasi yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pegawai yang melaporkan penerimaan/penolakan gratifikasi kepada pengelola UPG unit kerja maupun KPK. Apresiasi atas pelaporan gratifikasi diberikan oleh Pimpinan unit kerja dalam bentuk Sertifikat, Penghargaan, dan sejenisnya dalam forum resmi kedinasan. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih baik dalam pengendalian gratifikasi pada unit kerja. Inovasi ini akan memberikan manfaat bagi stakeholders Kanwil DJPb Aceh berupa layanan yang pasti tanpa biaya. Manfaat bagi internal adalah membangun kesadaran/awareness seluruh pegawai untuk melaporkan gratifikasi karena bertentangan dengan kewajiban.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search