Jalan Sungai Selan No.91 Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Kode Pos : 33135

Profil

Struktur Organisasi

Pertemuan dengan Bupati Bangka Tengah dalam Rangka Asistensi Pengelolaan Anggaran dan Program Prioritas Nasional

Koba, 9 Februari 2023, telah dilaksanakan pertemuan antara Kanwil DJPb Prov. Babel dengan Bupati Bangka Tengah dalam rangka Asistensi Pengelolaan Anggaran dan Pelaksanaan Program Prioritas Nasional.

Menteri Keuangan memberikan amanah kepada Ditjen Perbendaharaan untuk fokus pada beberapa hal, yaitu Kemiskinan Ekstrem, Stunting, dan Ketahanan Pangan. Setelah didalami, Bangka Tengah merupakan daerah dengan semangat dan potensi perbaikan yang tinggi.

Terkait Kemiskinan Ekstrem, berdasarkan keterangan Sekda Bangka Tengah, Penduduk Miskin Ekstrim Bangka Tengah hanya mencapai 1.680 orang atau 257 Kepala Keluarga, dari 200.110 penduduk. Mencermati data tahunan, dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi penurunan jumlah Penduduk Miskin Ekstrim. Hal ini berarti program penanggulangan kemiskinan di Bangka Tengah dapat dinilai berhasil.

Sedangkan untuk Stunting, keberadaan pendatang yang mencoba mencari peruntungan timah di Bangka Tengah, menjadi salah satu pemicu angka Stunting. Para pendatang tersebut, banyak yang menikah diusia muda akibat hamil diluar nikah. Dan secara umum, anak yg dilahirkan dari hasil pernikahan tersebut, dikategorikan berisiko stunting.

Semenjak adanya Program Ekonomi Kerakyatan, masyarakat yang mengalami kemiskinan ekstrim menjadi sangat terbantu. Program tersebut merupakan program peningkatan kompetensi masyarakat dibidang pertanian, pemberian bibit unggul secara gratis, dsb. Program tersebut membantu meningkatkan kemampuan rakyat yang sebelumnya bergantung pada timah beralih ke sektor pertanian.

Lebih lanjut, ada dua hal penting yang dibahas dalam pertemuan ini, yaitu kualitas belanja dan harmonisasi belanja antar Pusat dan Daerah. Untuk kualitas belanja, diharapkan dapat dicermati sampai level outcome. Jadi, jangan sampai hanya fokus pada output namun outcome tidak tercapai. Sedangkan terkait harmonisasi belanja antar pusat dan daerah, perlu ada harmonisasi baik belanja K/L, belanja transfer ke daerah, maupun belanja APBD serta menghindari adanya tumpang tindih program atau kegiatan.

Adanya Asistensi ke Pemkab Bangka Tengah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran di Kabupaten Bangka Tengah, baik dari sisi Transfer ke Daerah maupun APBD serta adanya peningkatan kualitas Program Prioritas Nasional, seperti penurunan jumlah penduduk miskin ekstrim dan penurunan angka stunting.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

   

 

PENGADUAN

 

Search