Jalan Sungai Selan No.91 Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Kode Pos : 33135

Profil

Struktur Organisasi

Stakeholder’s Day & Sosialisasi Anti Korupsi: Peran Masyarakat Dalam Peningkatan Budaya Integritas di Lingkungan Kementerian Keuangan

Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung pada Selasa, 13 Juni 2023, telah melaksanakan kegiatan Stakeholder’s Day & Sosialisasi Anti Korupsi dengan tema Peran Masyarakat Dalam Peningkatan Budaya Integritas di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung, Edih Mulyadi menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung sesuai dengan tagline layanan Kanwil, yaitu PINTAR yang merupakan akronim dari kata Profesionalisme, INovatif, Transparan, Akuntabel, dan Responsif. Prinsip ini sejalan dengan nilai-nilai dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) yang telah diraih Kanwil pada tahun 2021.

Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung mengajak seluruh stakeholders untuk ikut peduli dalam peningkatan budaya integritas di lingkungan Kementerian Keuangan, Kanwil menyelenggarakan kegiatan sosialisasi antikorupsi dengan cara melibatkan pengguna layanan untuk ikut mengkampanyekan pesan antigratifikasi dan antikorupsi.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan tentang pentingnya pengendalian gratifikasi. Seluruh tarif layanan Kanwil adalah Rp0,- alias gratis, tanpa dipungut biaya. Diharapkan seluruh stakeholders paham bahwa kewajiban ASN adalah menolak gratifikasi illegal. Untuk itu, mereka tidak boleh memberikan gratifikasi dalam bentuk apa pun kepada pejabat/pegawai lingkup Kanwil yang berhubungan dengan tugas dan fungsinya.

Dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna layanan Kanwil dan menjaring saran dan masukan, terdapat beberapa level saluran pengaduan mulai dari tingkat Kanwil (Eselon II), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Eseon I), dan Kementerian Keuangan yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat dan telah dipubilkasikasn secara massif lewat website Kanwil, media sosial, dan media elektronik. Saluran pengaduan tingkat Kanwil dapat diakses langsung ke Front Office, seksi Kepatuhan Internal, atau melalui kotak pengaduan, telepon/SMS/Whatsapps, email, dan inovasi MATA (Memantau Berita Pengaduan). Sementara saluran pengaduan Direktorat Jenderal Perbendaharaan diakses pada aplikasi Sipandu (Sistem Pengaduan (Sistem Informasi Pengaduan DJPb) dan Kementerian Keuangan melalui WISE (Whistleblowing System).  

Edih Mulyadi melanjutkan bahwa upaya lain yang telah dilakukan jajaran Kanwil adalah terus melakukan inovasi yang mempermudah pengguna layanan, masifnya publikasi dalam meningkatkan layanan dan media saluran pengaduan.

Pada Sesi terakhir, Zaenal Abidin selaku Kepala Bagian Umum menyampaikan materi terkait budaya kerja BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten,Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang merupakan core values ASN dan Employer Branding ASN yakni Bangga Melayani Bangsa serta Nilai-Nilai Kementerian Keuangan IPROSPEK (Integritas, Profesional, Sinergi, Pelayanan, Kesempurnaan)  sebagai panduan dalam menerapkan perilaku dalam mendukung pencapaian kinerja dan tujuan organisasi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan stakeholder’s day dan sosialisasi antikorupsi ini, layanan publik yang diberikan beyond of expectation dan seluruh lapisan masyarakat khususnya pengguna layanan Kanwil semakin peduli dengan dengan budaya integritas.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

   

 

PENGADUAN

 

Search