Berita

Seputar Kanwil DJPb

FOCUS GROUP DISCUSSION OPTIMALISASI ASET DALAM RANGKA AKUNTABILITAS LKPD

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Aset Dalam Rangka Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 17 November 2021 secara hybrid di ruang rapat Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pembukaan acara dilakukan oleh Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaraan Provinsi Banten, Keynote speech oleh Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, dimoderatori oleh Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, dan dihadiri oleh pejabat dan pegawai bagian akuntansi BPKAD/BPKD se-wilayah Provinsi Banten.

 

Dalam keynote speech nya, Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ibu Fahma Sari Fatma menyampaikan apresiasi Kepada Kanwil DJPb Provinsi Banten yang telah berinisiatif menggulirkan FGD ini sebagai sarana diskusi, bertukar fikiran, memperkuat sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.  Selain itu, Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Bapak Nurfatoni menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh BPKAD dan BPKD atas sinergi yang sudah terjalin selama ini dalam menyampaian data LKPD dan respon cepat atas konfirmasi data LKPD hingga penyusunan LKPD Konsolidasian dan Laporan Statistik Konsolidasian Pemerintah atau Government Financial Statement dapat diselesaikan secara tepat waktu. Seluruh LKPD kabupaten/kota di provinsi banten sudah mendapatkan predikat WTP.

 

Terdapat tiga narasumber kegiatan ini yaitu : 1. Bapak Richard F. Turnip Auditor Madya Perwakilan BPK Provinsi Banten, menyampaikan materi terkait Permasalahan Umum Pengelolaan Aset

Tetap, 2. Bap

ak Abu Hanifah Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara II Kanwil DJKN Banten menyampaikan materi terkait Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, 3. Bapak Ferry Taufik Saleh Kasi Dukungan Implementasi Akuntansi Lingkungan Pemerintah Daera

h Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan menyampaikan materi terkait Akuntansi Aset Tetap Berbasis Akrual.

 

Dengan diselenggarakannya Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Aset Dalam Rangka Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan Pemerintah Daerah terkait Pengelolaan Aset Pemerintah Daerah yang menjadi temuan pada LHP BPK atas LKPD Tahun 2020,  penyelesaian permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan aset tetap, serta membantu Pemerintah Daerah Lingkup Provinsi Banten dalam meningkatkan akuntabilitas penyususan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Search