Berita

Seputar Kanwil DJPb

Previous Next

Penyampaian Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD 2021 Lingkup Provinsi Banten

Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten bersama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menyampaikan Plakat dan Piagam Penghargaan Menteri Keuangan atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2021 yang kembali diraih oleh 9 Pemerintah Daerah di wilayah Banten pada tanggal 13 s.d. 21 Oktober 2021.

Pelaksana Tugas 2 (Plt. 2). Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten Nurfatoni, S.Sos., M.AP. dan Kepala KPPN Serang Soegihartono, S.E. menyampaikan penghargaan tersebut kepada Inspektur Daerah Kabupaten Serang Drs. Rudy Suhartanto, M.Si., Walikota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H., Kepala BPKAD Provinsi Banten Hj. Rina  Dewiyanti, SE, M.Si., dan Walikota Serang H. Syafrudin, S.Sos., M.Si.

Untuk wilayah Tangerang Raya penghargaan disampaikan oleh Kepala KPPN Tangerang Adi Nugroho, S.E., M.SE. kepada Walikota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie, Walikota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah, BSc, MKes., dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus, SE, M.Si.

Sedangkan untuk wilayah Lebak dan Pandeglang, penghargaan disampaikan oleh Wahjudi Sugiharto, S.E., M.M. selaku Kepala KPPN Rangkasbitung kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Budi Santoso, A.P., M.Si. dan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Drs. Taufik Hidayat, M.Si.

Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas penyelenggaraan prinsip akuntansi keuangan yang tepat dan akuntabel. Berikut capaian opini WTP LKPD Pemda wilayah Banten:

Pemerintah Daerah

Capaian Opini WTP

Plakat

Provinsi Banten

6 kali berturut-turut sejak tahun 2016

Biru

Kab. Lebak

7 kali berturut-turut sejak tahun 2015

Biru

Kab. Pandeglang

6 kali berturut-turut sejak tahun 2016

Biru

Kab. Serang

11 kali berturut-turut sejak tahun 2011

Silver

Kab. Tangerang

14 kali berturut-turut sejak tahun 2008

Silver

Kota Cilegon

9 kali berturut-turut sejak tahun 2013

Biru

Kota Serang

5 kali berturut-turut sejak tahun 2017

Biru

Kota Tangerang

15 kali berturut-turut sejak tahun 2007

Gold

Kota Tangerang Selatan

7 kali berturut-turut sejak tahun 2015

Biru

Keberhasilan yang telah diraih ini berkat kerja keras serta komitmen kuat para aparatur pemerintah daerah untuk bisa mewujudkan tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik kepada masyarakat serta sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten dan KPPN selaku representasi Kementerian Keuangan di daerah.

Saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tengah terus memperkuat sinergi demi menghilangkan sekat antara Pusat dan Daerah, saatnya Pusat dan Daerah bersepakat untuk bersama meningkatkan pengelolaan keuangan negara. Dari melihat capaian opini WTP atas LKPD lingkup Provinsi Banten, dapat dilihat bahwa selama 5 tahun terakhir keseluruhan 9 Pemda telah berhasil mempertahankan opini WTP.

Meskipun telah meraih opini WTP, tentunya apa yang sudah dilaksanakan selama ini terhadap temuan BPK, tetap dipertahankan, ditindaklanjuti dan diperbaiki sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh BPK, sehingga kualitas pengelolaan keuangan daerah dan kualitas dari Laporan Keuangan Pemda dapat terjaga bahkan semakin meningkat.

Dengan berbagai tantangan dan dinamika sosial yang dihadapi saat ini, diharapkan para pengelola keuangan daerah senantiasa untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik dan juga sektor pengelolaan keuangan daerah yang menjadi faktor penting dalam keberlangsungan penyelenggaraan Pemerintahan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Search