JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Mengawal Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah melalui Belanja Transfer ke Daerah yang Berkualitas

Yogyakarta, 16 November 2023

 

Halo Sobat #Intress,
 
Pada hari Kamis, 16 November 2023 telah diselenggarakan Focus Group Discussion bertempat di Kanwil DJPb DIY dengan mengusung tema “Mengawal Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Melalui Belanja Transfer ke Daerah Berkualitas.” Pengelolaan keuangan daerah yang berlandaskan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan value for money, menjadi pondasi penting dalam mencapai good governance.
 
Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri telah menyumbang sebesar 62,87% dari total Pendapatan Daerah.
Diharapkan dengan pengelolaan TKD yang terarah, terukur, akuntabel, dan transparan, dapat menjadi stimulus dalam mengurangi ketimpangan fiskal antara pusat dan daerah, serta mengatasi perbedaan kualitas dan kuantitas layanan publik di berbagai daerah.
 
Kegiatan yang diikuti oleh Pemerintah Daerah dan KPPN lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta ini menghadirkan narasumber antara lain Aris Eko Nugroho (Pati Paniradya Kaistimewan DIY), Hidayati Yuliastantri dari BPKA DIY, Andika Saputra dari DJPK, dan pada kesempatan tersebut juga disampaikan sekilas Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Transfer Ke Daerah oleh Tengku Yustisia dari Bidang PPA II Kanwil DJPb DIY.
 
Dalam diskusi tersebut disampaikan informasi-informasi terkait pendapatan transfer pemerintah pusat dan belanja transfer pemerintah pada Pemerintah Daerah, Dana Keistimewaan DIY, serta kebijakan terkait pengelolaan Transfer ke Daerah.
 
Mari bersama-sama melangkah menuju pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik!
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search