JALAN SOLO KM 8.6 NAYAN, MAGUWOHARJO, DEPOK,SLEMAN, YOGYAKARTA

KODE  POS :  55282

Rapat Komite ALCo Regional DIY Realisasi s.d 31 Oktober 2023, untuk Hasilkan Perekonomian DIY yang Lebih Kuat dan Stabil

Yogyakarta, 17 November 2023

 

Halo Sobat #InTress,
 
Dalam rangka implementasi peran Kemenkeu Satu sebagai Regional Chief Economist (RCE), Kemenkeu Satu menyelenggarakan kegiatan Rapat Komite ALCo Wilayah D.I.Yogyakarta Realisasi s.d Oktober 2023 di aula Kanwil DJPb DIY pada Jumat, 17 November 2023.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh instansi vertikal Kemenkeu Satu DIY yaitu Kanwil DJPB DIY, Kanwil DJP DIY, KPPBC Yogyakarta, KPKNL Yogyakarta, dan BDK Yogyakarta sebagai representasi Kemenkeu Satu DIY.
 
Kegiatan dibuka dengan arahan dari Kepala Kanwil DJPB DIY, Agung Yulianta, yang dilanjutkan dengan paparan materi ALCo realisasi s.d. 31 Oktober 2023 oleh Kepala Bidang PPA II, Juli Kestijani.
 
Diskusi seluruh peserta rapat membahas terkait kinerja fiskal sisi APBN-APBD, analisis deviasi realisasi capaian penerimaan dan pengeluaran APBN, perkembangan perekonomian regional DIY serta Analisis Tematik di Regional DIY tentang Reviu dan Profiling Kualitas SDM dan Ketenagakerjaan, Iklim Dunia Usaha dan Investasi di DIY.
 
Hingga 31 Oktober 2023, Kinerja APBN mengalami penguatan yang ditandai dengan Pendapatan Negara dan Belanja Negara masing-masing mengalami kenaikan pertumbuhan dari periode sebelumnya.
 
Realisasi Pendapatan Negara tercatat sebesar Rp7,18 triliun atau sebesar 86,14% dari target dan tumbuh 8,13% (yoy). Belanja Negara telah terealisasi sebesar Rp17,9 triliun atau sebesar 78,41% dari target dan tumbuh sebesar 5,11%, serta keseimbangan primer sebesar Rp10,72 triliun.
 
Di akhir rapat terdapat diskusi menarik terkait tema ALCo pada bulan ini, yaitu bagaimana peranan pemerintah dalam upaya perbaikan kualitas SDM dan Ketenagakerjaan, Iklim Dunia Usaha dan Investasi di DIY. Namun demikian, hasil diskusi tersebut masih perlu diperdalam melalui kajian dan analisis lebih lanjut.
 
Melalui Rapat Komite ALCo Wilayah D.I.Yogyakarta Realisasi s.d Oktober 2023 diharapkan akan dihasilkan rekomendasi kebijakan yang akan memberikan dampak stabilitas ekonomi, melindungi serta memberi manfaat bagi masyarakat, serta mendukung perekonomian DIY dan perekonomian Nasional pada umumnya.
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 IKUTI KAMI

 PENGADUAN

 

Search