Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Membangun Inovasi Pelaksanaan Kegiatan Untuk Mengatasi Physical Distancing Menuju New Normal

Semarang, 13 Oktober 2020

Semarang, Liputan djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Pandemi Covid-19 yang berdampak signifikan terhadap seluruh aspek, termasuk banyaknya kegiatan yang tertunda atau berubahnya mekanisme pelaksanaan kegiatan, mendorong Pemerintah untuk  membuat kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan secara cepat. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah  mendukung langkah tersebut dengan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Anggaran secara bulanan.  Pada periode bulan Oktober 2020, kegiatan dilaksanakan secara daring dengan mengundang 48 Satker di Jawa Tengah yang penyerapan anggarannya tidak mencapai target pada triwulan III tahun 2020.

Acara yang berlangsung pada hari Selasa, 13 Oktober tahun 2020 dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara diawali dengan informasi Progress Belanja K/L Per 30 September – 2020 Di Jawa Tengah dan  Prognosa sampai dengan Akhir Tahun 2020   yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah.  Pada akhir penyampaiannya, Sulaimansyah mengajak perlunya dilakukan langkah strategis menyambut akhir tahun 2020. Beberapa diantaranya adalah melalui koordinasi intentif menyelesaikan berbagai kendala pelaksanaan anggaran serta berupaya membangun inovasi pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi physical distancing menuju new normal.

 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bidang PPA I, Edy Prayitno. Sebelum memulai diskusi, Edy Prayitno menegaskan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan EPA secara bulanan, diharapkan permasalahan-permasalahan yang menyebabkan bottlenecking belanja K/L dapat segera teridentifikasi dan dapat ditindaklanjuti dengan kebijakan-kebijakan pendukung yang dapat membantu percepatan belanja. Termasuk menyampaikan kepada unit terkait atas hasil identifikasi permasalahan yang penyelesaiannya menjadi ranah kewenangan unit tersebut.

Peserta diskusi yang hadir meliputi 12 K/L yaitu Kemenhan, Kemenkes, Polri, KemenPUPR, Kemendikbud, Kemenag, Kemenkeu, Kemenhub, Kementan, Kemenkumham, MA, dan KPU.  Masing-masing peserta menyampaikan kendala dan permasalahan dalam pelaksanaan anggaran selama triwulan III lalu yang menyebabkan rendahnya serapan anggaran pada periode tersebut.  Selain itu, disampaikan juga mengenai langkah yang telah ditempuh agar penyerapan anggaran pada triwulan IV nanti dapat meningkat dan mencapai target ideal realisasi anggaran.   Pada akhir penjelasannya, masing-masing peserta menyepakati komitmen realisasi dan rencana tindaklanjut bulan Oktober sampai dengan Desember 2020.

Acara berakhir pada pukul 13.00 WIB, ditutup oleh Kepala Bidang PPA I dengan harapan apa yang telah disepakati dapat tercapai.  Hal ini sebagai salah satu upaya mewujudkan   peran APBN sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dengan bersegera dalam pelaksanaan anggaran untuk menghadapi krisis akibat pandemic Covid-19 melalui pemulihan ekonomi di Jawa Tengah. #Kontributor Kanwil DJPb_Jateng#082020

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN