Semarang, 18 Februari 2021
djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Dalam rangka meningkatkan pemahaman pengelolaan PBNP dan monitoring evaluasi pengelolaan PNBP TA 2020 pada satuan kerja pengelola PNBP di Jawa Tengah. Kanwil DJPb Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan PNBP melalui virtual zoom meeting yang dihadiri oleh 360 peserta yaitu 216 Satker dan internal pegawai lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang dilaksanakan pada hari Kamis,18 Februari 2021.
Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJPb Jawa Tengah Bapak Midden Sihombing, selain membuka acara sosialisasi juga memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Kepala Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah. Beliau juga menyampaikan bahwa pengelolaan PNBP pada prinsipnya selain untuk mendorong penerimaan Negara di sisi lain dapat meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.
Dalam acara sosialisasi ini juga disampaikan beberapa temuan BPK yang harus diperhatikan dan ditindaklanjuti seperti adanya pungutan tanpa dasar hukum, penagihan dan pengelolaan PNBP uyang kurang optimal serta keterlambatan penyetoran ke Kas Negara.
Realisasi terbesar PNBP tahun 2019 s.d 2020 dari sektor jasa kesehatan terutama dari layanan rumah sakit yang diikuti sektor layanan pendidikan, pengurusan STNK/SIM dan sektor layanan lainnya. Disampaikan bahwa dalam pengelolaan PNBP, jangan hanya melihat dari sisi penerimaannya saja, tetapi juga dari sisi penggunaan PNBP yaitu dengan peningkatan mutu pelayanan yang lebih baik. Beliau berharap, melalui sosialisasi ini satker dapat memahami dengan baik tata cara pengelolaan PNBP.
Acara sosialisasi menghadirkan narasumber yang sangat kompeten dan ahli dibidang pengelolaan PNBP yaitu Bapak Tsani Aji Novarima, Analis Anggaran Ahli Muda Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak K/L, DJA. Beliau memaparkan dengan sangat jelas bagaimana prinsip dan tahapan pengelolaan PNBP sesuai PP 58 Tahun 2020. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh moderator Bapak Edy Prayitno, Kepala Bidang PPA I Kanwil DJPb Jawa Tengah. Pelaksanaan diskusi berlangsung dengan sangat baik, peserta begitu antusias dan puas dengan jawaban dari narasumber. Saran dan masukan dari peserta akan menjadi bahan evaluasi dalam memperbaiki pengelolaan PNBP kedepannya.