Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Sinergi Bersama menjadi Stakeholder KUR Terbaik

Semarang, 16 April 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Dalam rangka menindaklanjuti Nota Dinas Direktur Sistem Manajemen Investasi Nomor:ND-304/PB.4/2021 tanggal 30 Maret 2021 dan Surat Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Nomor:B/KUR/46/D.I.M.EKON/03/2021 tentang Permohonan Pengisian Kuesioner, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menginisiasi untuk melaksanakan kegiatan pembahasan dan koordinasi pengisian kuesioner penghargaan Pemda Terbaik selaku Stakeholder KUR Tahun 2021.

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas dan efisiensi pelaksanaan penyaluran KUR di daerah; Tercapainya maksud dan tujuan penyaluran KUR dalam rangka mendukung penguatan UMKM sekaligus sebagai bentuk campur tangan pemerintah pusat dalam mendukung keberlangsungan usaha pelaku UMKM dimasa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19); Menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi Pemerintah Daerah untuk mengetahui berbagai tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan penyaluran KUR serta saran yang dapat dijadikan sebagai solusi untuk optimalisasi dan percepatan penyaluran KUR.

 

Pelaksanaan Kegiatan di KPPN Surakarta

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 2 lokasi kegiatan, yaitu di KPPN Surakarta dan KPPN Purwokerto yang dilaksanakan secara serempak pada hari Jumat, 16 April 2021. Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah Pemda yang telah melakukan input data debitur terbanyak dan Pemda yang telah memiliki pengalaman dalam perolehan penghargaan stakeholder KUR terbaik pada tahun sebelumnya. Adapun peserta kegiatan di KPPN Surakarta diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Pati, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora (penerima penghargaan Pemda pendukung KUR terbaik tahun 2018) dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (penerima penghargaan Pemda pendukung KUR terbaik tahun 2019).

Pelaksanaan Kegiatan di KPPN Purwokerto

Sedangkan peserta kegiatan di KPPN Purwokerto diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo (penerima penghargaan Pemda pendukung KUR terbaik tahun 2019), Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diperoleh kesepakatan bahwa diperlukan sinergi bersama antara Pemerintah Daerah dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah untuk mengawal penyaluran KUR agar tersalur secara tepat sasaran dan berdampak optimal bagi keberlangsungan perekonomian di Jawa Tengah, khususnya bagi para pelaku UMKM.  

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN