Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Kanwil DJPB Jateng Ajak Debitur UMi Tegal Masuk Market Place Ditjen Perbendaharaan

Semarang, 29 April 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id -  Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor kehidupan termasuk pelaku usaha mikro. Untuk itu, pemerintah melakukan berbagai langkah demi memastikan kehidupan sosial dan ekonomi bisa terus berjalan. Salah satunya yakni dengan memberikan pelatihan literasi digital bagi pelaku usaha mikro untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Dalam rangka  mendukung Digitalisasi Pembayaran Pemerintah dan Digitalisasi Pembiayaan UMi, Kanwil DJPB Jawa Tengah mengadakan Sosialisasi Pendaftaran Produk Debitur UMi Dalam Market Place  Ditjen Perbendaharan, pada hari Kamis, 29 April 2021 mulai pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB di KPPN Tegal.  Hadir dalam acara ini, pimpinan penyalur UMi PT Pegadaian dan PT PNM, Kepala KPPN Tegal dan para debitur UMi dari dua penyalur UMi tersebut.

Maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah mengajak para debitur UMi untuk masuk dalam market place DJPb, guna memperluas jangkauan pemasaran produk sehingga penjualan produk bisa meningkat. Diharapkan setelah berhasil masuk dalam market place DJPB, debitur UMi bisa mengembangkan pasar lebih besar lagi ke dalam Market Place lainnya.

Pada kesempatan tersebut Perwakilan Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Adi Prasetyo, menyampaikan bahwa selain melakukan monitoring dan evaluasi Pembiayaan UMi, Kanwil DJPB Jateng sangat mendukung dan mendorong para debitur UMi dapat melakukan penjualan produk melalui Market Place Ditjen Perbendaharaan.

Ada beberapa  kendala yang dihadapi para pelaku usaha mikro dalam memasarkan produk secara digital, seperti kurangnya pengetahuan dalam menggunakan sosial media secara maksimal, baik dari sisi fotografi produk yang menarik, penulisan caption yang mengundang rasa ingin tahu pembeli, perluasan jangkauan calon pembeli, dan lain sebagainya. Khusus dalam Market Place Ditjen Perbendaharaan, debitur UMi diharapkan mampu mengembangkan dan menyesuaikan  produk mereka karena pembeli dalam market place adalah satuan kerja.

Setelah dilakukan diskusi antara debitur UMi, Penyalur, KPPN selaku admin Market Place Ditjen Perbendaharaan dan Kanwil DJPB, acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis pendaftaran produk debitur UMi ke dalam Market Place Ditjen Perbendaharaan.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN