Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

“AKSELERASI PENYALURAN DFDD TERUS DIDORONG” (Liputan Press Release Progres Penyaluaran DAK Fisik dan Dana Desa (DFDD) di Jawa Tengah Tahun 2021)

Semarang, 21 Juni 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Press release Progres Penyaluaran DAK Fisik dan Dana Desa (DFDD) di Jawa Tengah Tahun 2021 merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng sebagai sarana untuk mensosialisasikan progres penyaluran DFDD Tahun 2021 dan sebagai sarana edukasi tentang percepatan penyaluran kepada pemda dan masyarakat melalui media.

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan peran Ditjen Perbendaharaan dalam penyaluran DFDD dan progres penyaluran DFDD di Jawa Tengah serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong percepatan penyaluran DFDD kepada masyarakat.

 

Acara ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 21 Juni 2021 yang dilaksankan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengundang beberapa pimpinan redaksi dan wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik, antara lain TVRI Jawa Tengah, RRI Jawa Tengah, Radar Semarang, Tribun Jawa Tengah, Suara Merdeka Seamarang, Antara Jateng, Kedaulatan Rakyat Semarang, Metro Jateng, Wawasan dan Muria News. Dihadiri juga oleh Kepala KPPN se Jawa Tengah dan beberapa Pemda di Jawa Tengah. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Sutyawan dan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jateng, Midden Sihombing terkait progres Penyaluaran DFDD di Jawa Tengah Tahun 2021.

Pada awal paparannya Midden Sihombing menyampaikan tujuan dari pelaksanaan press release DFDD. Press release dilaksanakan mengingat untuk penyaluran DAK Fisik akan berakhir pda tanggal 21 Juli 2021.

Press release ini diharapkan dapat mendorong pemda atau pihak terkait untuk segera merealisasikan anggaran dana transfer khususnya DFDD, sehingga realisasinya tidak seperti tahun lalu yang baru terealisasi diakhir-akhir masa penyaluran. Pada Triwulan I 2021, penyaluran DD mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Begitu juga dengan DAK Fisik, tahun 2021 terdapat penyaluran DAK Fisik lebih cepat, yaitu pada bulan Maret, sedangkan pada tahun 2020, baru mulai salur pada bulan April. Namun demikian, diharapkan pemda dapat lebih mendorong percepatan penyaluran DFDD sehingga manfaatnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh para wartawan terkait materi yang telah disampaikan. Berbagai pertanyaan dapat dijawab dengan detil dan gamblang oleh Midden Sihombing, para wartawan memperoleh informasi dengan sejelas-jelasnya sehingga tidak terjadi perbedaan persepsi. Di penghujung acara, Midden Sihombing berharap media benar-benar dapat menjadi sahabat dalam penyampaian program-program maupun progres capaian APBN kepada masyarakat.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN