Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Launching Aplikasi MACRO Monitoring dan Analisa Capaian Output Merubah Administrasi Menjadi Analisis

Semarang, 30 Juli 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Capaian output merupakan salah satu indikator penilaian IKPA yang mempunyai bobot paling besar sehingga sangat berpengaruh terhadap nilai akhir IKPA satuan kerja. Dengan semangat berinovasi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah berhasil mengembangkan suatu aplikasi yang diberi nama Aplikasi MACRO ( Monitoring dan Analisa Capaian Rincian Output). Aplikasi ini secara resmi telah dilaunching melalui zoom meeting pada hari Jumat, 30 Juli 2021.

 

Hadir dalam acara Launching Aplikasi MACRO, Direktur Pelaksanaan Anggaran, Sudarso didampingi Kasubdit dan tim aplikasi dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dan Para Kepala KPPN di Jawa Tengah. Direktur Pelaksanaan Anggaran, menyampaikan komunikasi dan koordinasi antara Kantor Pusat, Kanwil DJPb dan KPPN sangat diperlukan. Juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, mengingat saat pandemi  ini faktor kecepatan pelaksanaan anggaran menjadi jauh lebih penting dibandingkan dengan masa-masa sebelum pandemi, karena perhatian beralih kepada sejauh mana output, outcome dan impact pelaksanaan anggaran telah dicapai.

Kepala Kanwil DJPb Provinis Jawa Tengah, Midden Sihombing menjelaskan manfaat aplikasi MACRO yang menggambarkan kinerja pelaksanaan anggaran lebih riil dan dapat mendeteksi 6 titik anomali perekaman capaian output oleh satuan kerja. Selanjutnya dilakukan simulasi cara menjalankan aplikasi makro oleh Akhmad Zaenuddin.

Tim aplikasi dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran menyebut aplikasi MACRO sejalan dengan apa yang saat ini dilakukan oleh pusat dan sebagai embrio untuk pengembangan dan pemikiran legal capaian output ke depan. Aplikasi makro akan ditindaklanjuti dengan mengembangkan agar tidak hanya berifat historikal tapi mampu menampilkan dashboard pada tiap periode dan dapat dimanfaatkan secara nasional. Para Kepala KPPN-pun berharap dapat segera menggunakan aplikasi MACRO sehingga dapat dilakukan monitoring dan analisa capaian output dengan lebih baik.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN