Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Mendukung Kelancaran Penyaluran DFDD di Jateng

Semarang, 16 Agustus 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Pada hari Senin, 16 Agustus 2021 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa serta Implementasi Aplikasi LANDEP2D & MEDALI KAPUR yang dilaksanakan secara daring mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB. Acara rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bidang PPA II dan tim serta seluruh Kepala KPPN di Jawa Tengah.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Ahmad Heryawan selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, yang dalam sambutannya menyampaikan paparan tentang progres penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Secara umum, penyaluran DAK Fisik di wilayah Provinsi Jawa Tengah masih belum memuaskan, hal ini ditunjukkan oleh data realisasi DAK Fisik yang baru mencapai 13,86 persen dari pagu dana sebesar Rp4,25T, sedangkan progress penyaluran Dana Desa di wilayah Provinsi Jawa Tengah secara umum telah berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan oleh data realisasi penyaluran Dana Desa yang telah mencapai angka 67,93 persen dari pagu dana sebesar Rp8,16T dengan total jumlah desa sebanyak 7.809 desa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Bapak Sigid Mulyadi, Kepala Seksi PPA IIA. Dalam sesi diskusi ini disampaikan beberapa tantangan yang dihadapi oleh KPPN dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, diantaranya terkait dengan upload data ke OMSPAN atas penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa yang seharusnya dilakukan oleh pengelola DFDD, sehingga tidak terjadi gap data dengan kondisi yang nyata terjadi di lapangan atas progress penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tersebut. Dalam sesi diskusi ini juga disepakati bersama untuk mengundang Desa yang berprestasi dalam pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa sehingga bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya.

 

Acara Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa serta Implementasi Aplikasi LANDEP2D & MEDALI KAPUR ini diitutup oleh Bapak Midden Sihombing selaku Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, yang mana beliau berpesan agar senantiasa meningkatkan profesionalitas dalam pelaksanaan pekerjaan, diantaranya dengan adanya dukungan aplikasi LANDEP2D dan MEDALI KAPUR ini maka diharapkan pelaksanaan tugas di KPPN semakin tertib dan terarah serta mendukung progres percepatan [enyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN