Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

ROADSHOW PENYERAHAN PIAGAM WTP DI JAWA TENGAH

Semarang, 6 Oktober 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing beserta Tim Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah mengadakan roadshow ke lima Kabupaten/Kota guna menyerahkan piagam WTP dalam Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020.  Acara dimulai dari tanggal 5 dan 6 Oktober 2021.

Penyerahan Piagam WTP diserahkan dilaksanakan kepada Pemkot Tegal, Pemkab Tegal, Pemkab Brebes, Pemkab Cilacap dan Pemkab Purbalingga. Selain agenda penyerahan piagam penghargaan WTP, diadakan pula kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa sebagai bagian pembinaan pemda.

 

Roadshow diawali dengan penyerahan piagam Opini WTP kepada Walikota Tegal, bertempat di Ruang Adipura Kota Tegal, 5 Oktober 2021.  Selanjutnya Kepala Kanwil DJPb Prov Jawa Tengah memberikan paparan terkait progress penyaluran DAK Fisik di Kota Tegal. Midden menyampaikan bahwa batas penyampaian batas waktu persyaratan tahap II tanggal 21 Oktober. “Tanggal 21 Oktober 2021 adalah harga mati, seperti NKRI”, tegasnya.  Selain itu Kepala KPPN Tegal, Sunoto menyampaikan bahwa KPPN akan membantu secara maksimal bagi OPD yang mengalami hambatan dalam proses penyaluran DAK Fisik tahap II.

Selanjutnya bertempat di Kantor Bupati Brebes, Midden Sihombing beserta rombongan diterima langsung oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti bersama Setda Kab. Brebes dan OPD lingkup Kab. Brebes.

Kabupaten Tegal menjadi tujuan akhir roadshow Kepala Kanwil DJPb Prov Jawa Tengah dalam rangka penyerahan piagam serta plakat WTP karena 5 tahun berturut-turut menorah prestasi dalam penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020. Selanjutnya Midden Sihombing memberikan paparan terkait progress penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa pada Kabupaten Tegal. Midden berharap kinerja penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa pada Kabupaten Tegal di tahun 2022 lebih baik dari tahun sekarang. “Kita perlu bekerja cepat, memperkuat sinergi, kolaborasi, check and balance, saling bekerja sama, saling koreksi, dan saling memperbaiki agar pelaksanaan program atau kegiatan melalui DAK dan Dana Desa berjalan efektif” demikian Bupati Kab. Tegal, Umi Azizah mengawali sambutannya.

Di setiap agenda roadshow penyerahan piagam dan plakat, Midden Sihombing berpesan agar pemda tetap mempertahankan opini WTP serta meningkatkan kualitas dalam penyajian Laporan Keuangan Daerah.

Dikesempatan lain, penyerahan Piagam WTP dilaksanakan untuk Pemkab Cilacap dan Pemkab Purbalingga. Bertempat di Pendopo Wijaya Kusuma Kabupaten Cilacap pada tanggal 6 Oktober 2021, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Heryawan menyerahkan Piagam WTP 5 Tahun berturut turut dalam 10 tahun terakhir dari Menteri Keuangan RI kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji. “Jadi perencanaan dari visi misi Bupati telah diterjemahkan dengan baik secara aturan dan penuh keyakinan sehingga sekarang menjadi WTP. Itulah hal luar biasa yang telah dilakukan Bupati dan jajarannya sehingga opini WTP di Kabupaten Cilacap dari tahun ke tahun terus membaik,” terangnya.

Selain penyerahan Piagam Penghargaan, dilakukan pula penyerahan Catatan Progress Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK) Fisik dan Dana Desa serta Government Finance Statistics (GFS) dari KPPN Cilacap. “Kami sampaikan untuk progres DAK fisik juga sangat bagus di tahun 2021 ini mencapai 35%. Kemudian untuk dana desa juga lumayan bagus sudah mencapai 77%. Disini Cilacap turut mendukung Jawa Tengah untuk dana desa karena Jawa Tengah itu tertinggi di Indonesia,” ucapnya. Terkahir apresiasi diberikan atas upaya percepatan APBDes 2021, harapan kedepan hal dimaksud dapat ditingkatkan untuk APBDes tahun 2022.

Roadshow terakhir pada tanggal 6 Oktober 2021 bertempat Ruang Kerja Bupati Kabupaten Purbalingga, Piagam Penghargaan WTP dan plakat penghargaan opini WTP 5 kali berturut-turut atas keberhasilan Pemkab Purbalingga dalam menyajikan laporan keuangan 2016 - 2020 diserahterimakan. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah, Edi Prayitno dan diterima Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

 

Bupati Purbalingga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyerahan dua tanda penghargaan ini. "Kita di jajaran pemerintah daerah ini perlu effort yang lebih karena berdasarkan realisasi di tahun-tahun sebelumnya biasanya prestasi WTP diikuti reward tambahan DID (Dana Insentif Daerah) dari Kemenkeu, terangnya.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI