Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

PENDAMPINGAN PENILAIAN WBBM PADA KPPN MAGELANG

Magelang, 4 November 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - KPPN Magelang terpilih menjadi salah satu unit kerja yang dikunjungi langsung secara tatap muka oleh Tim Penilai dari Kementerian PAN dan RB. Dalam rangka memberikan dukungan kepada KPPN Magelang untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kanwil DJPb Jawa Tengah selalu melakukan pendampingan pada setiap tahapan penilaiannya.

 

Pada H-1 penilaian  Tim dari Kanwil DJPb Jawa Tengah yang juga dihadiri Tim Kepatuhan Internal dari Bagian KI  mempersiapkan jalannya kegiatan esok hari  dan melakukan simulasi pemaparan hingga jalannya diskusi. Simulasi dilakukan dengan  mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin disampaikan oleh Tim Penilai untuk menguji kesiapan dari KPPN Magelang.

Tanggal 4 November 2021 penilaian WBBM dilakukan oleh Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, bertempat di aula KPPN Magelang. Pada kesempatan tersebut Kepala Kanwil DJPb Jawa Tengah, Midden Sihombing diberi kesempatan untuk memberikan sambutan sebagai dukungan penuh kepada KPPN Magelang. Beliau menyampaikan bahwa di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang menjadi fokus saat ini bukan lagi masalah integritas maupun KKN, akan tetapi lebih mempertanggungjawabkan janji layanan dan tugas fungsi. Hal tersebut diperlihatkan dengan adanya perbaikan kinerja dan pelayanan yang saat ini ditunjukkan oleh KPPN Magelang. Penolakan SPM Satker menurun dari tahun ke tahun, penyampaian LPJ, penyelesaian rekonsiliasi, dan penginputan capaian output dilakukan pada awal periode. Midden Sihombing berharap kinerja tersebut dapat dipertahankan untuk ke depannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala KPPN Magelang, Nurhidayat. Nurhidayat menyampaikan bahwa telah dilakukan perubahan budaya kerja di unit kerjanya dan menyebarkan virus tersebut kepada stakeholder. Hal tersebut berhasil dilakukan ditunjukkan dengan adanya peningkatan kualitas layanan dan kinerja yang membaik dari tahun ke tahun. Inovasi unggulan dari KPPN Magelang yang selama ini menjadi tools yang luar biasa berdampak bagi KPPN Magelang maupun stakeholdernya antara lain GERCEP (Tim Task Force Gerak Cepat), LANDEP2D (Layanan Data Penyaluran Dana Desa), dan SI BULAN (Inovasi Layanan Rekonsiliasi Pajak Pusat secara Bulanan).

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Kami berharap KPPN Magelang dapat berhasil mendapatkan predikat WBBM, bersama dengan KPPN lain di lingkup Kanwil DJPb Jawa Tengah.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI