Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

PERSIAPAN MIGRASI DATA ROLL OUT SAKTI TAHUN 2022

Semarang, 23 November 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id -Tahun 2022 sudah didepan mata, berbagai tantangan di tahun 2021 telah dilalui dan itu artinya kita akan menghadapi tantangan baru. Rollout  SAKTI  full modul pada seluruh kementerian/Lembaga.

Banyak hal yang perlu disiapkan, tapi di tahap awal yang harus diperhatikan betul adalah persiapan migrasi saldo awal SAKTI. Untuk bisa dilakukan migrasi saldo awal dipersyaratkan beberapa kondisi, yaitu data BMN harus wajar tidak boleh ada yang nilai bukunya minus, tidak boleh ada yang nilai perolehannya minus dan kriteria tidak wajar lainnya yang tidak boleh ada. Total ada 17 kriteria data tidak wajar terkait data BMN  yang  harus diperhatikan kewajarannya.

Selasa 23 November 2021, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah ngobrol bareng dengan para operator SIMAK BMN dari 67 Satker, KPPN  se Jateng dan Dit APK untuk Persiapan Migrasi Data Roll Out Sakti Tahun 2022. Kita ngobrolin data BMN yang tidak normal atau anomali, selisih data antar aplikasi Satker dengan eRekon dan Saldo pada Satker yang sudah tidak aktif. Antusiasme satker sangat luar biasa, terdapat 500 peserta  yang terlibat diskusi  kali ini dan semua antusias menyambut SAKTI full Modul di tahun 2022.

Seluruh pihak termasuk KPPN harus berupaya keras memberikan bimbingan, supervisi, dan pembinaan kepada Satker agar data-data anomali bisa diselesaikan hingga pada akhirnya siap migrasi ke SAKTI dengan baik, lancer dan tanpa menyisakan masalah”, pesan Midden Sihombing, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah membuka FGD kali ini.

Acara dimulai dengan penyampaian kondisi data BMN anomali / tidak normal satuan kerja lingkup wilayah kerja Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah oleh Kepala Bidang PAPK, MI Sri Nuryati. Melengkapi kondisi data tersebut, MI Sri Nuryati juga menambahkan langkah-langkah penyelesaian yang harus dilakukan satuan kerja untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. FGD yang menghadirkan narasumber dari tim Seksi Bimbingan Akuntansi Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, menyampaikan materi persiapan Persiapan Roll Out SAKTI full module kementerian/Lembaga Tahun 2022 yang meliputi tantangan migrasi saldo awal dan sekaligus pengenalan Fitur K3(Kertas Kerja Konfirmasi) yang merupakan upaya untuk penyelesaian data anomali BMN dan selisih data. Tantangan migrasi lainnya yang disampaikan yaitu penyelesaian satker inaktif bersaldo yang diharapkan dapat diidentifikasi dan diselesaikan dengan baik.

Melalui acara FGD ini diharapkan seluruh satker dapat mempersiapkan diri menghadapi rollout SAKTI full modul di tahun 2022 dan segala permasalahan yang teridentifikasi dapat diselesaikan dengan baik sehingga pada akhirnya satker sukses migrasi SAKTI dengan data yang valid.

Selengkapnya Klik Disini

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI