Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Gandeng Universitas Jenderal Soedirman Dalam Pengukuran Outcome Dana Desa

Purwokerto, 2 Desember 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Untuk melihat dampak dan kemanfaatan (outcome) Dana Desa, Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Kerja sama ini dilaksanakan di Aula lantai 3 FEB UNSOED pada, Kamis (2/12/2021).

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah Midden Sihombing dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Wiwiek Rabiatul Adawiyah. Selain itu, turut hadir Kepala KPPN Banjarnegara dan Plt Kepala KPPN Purwokerto.

Melalui PKS ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan praktek dari teori yang didapat di kampus khususnya untuk mengukur outcome dana desa dan biaya operasional BOS, kata Kepala Kanwil DJPb Midden Sihombing dalam sambutannya di acara tersebut. Pratik pelaporan anggaran dana desa, saat ini belum menyentuh pelaporan outcome oleh karena itu menjadi penting untuk mengukur seberapa besar dampak kemanfaatan dana desa bagi masyarakat.

“Tenaga milenial yang kreatif dari mahasiswa UNSOED mampu berperan aktif untuk pengukuran dan publikasi hasil outcome yang lebih baik”, ungkapnya. Dihadapkan PKS dapat berguna bagi UNSOED, DJPb pada Khususnya dan Kemenkeu pada umumnya serta masyarakat Jawa Tengah.

Dekan FEB, Wiwiek Rabiatul Adawiyah menyambut baik penandatanganan PKS. “PKS ini merupakan project pertama dan tantangan yang besar bagi UNSOED”, tandasnya. Kegiatan dan program yang diinisiasi merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk menerapkan pengalaman secara praktis yang akan membedakan mahasiswa dengan lulusan secara umum, memiliki daya saing dan nilai lebih tersendiri. Diharapkan mahasiswa dapat memberi andil bagi problem solving permasalahan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan efektivitasi alokasi anggaran.

Acara dilanjutkan dengan pemamparan program kegiatan oleh Kepala Kanwil DJPb Prov. Jateng dihadapan sekitar 40 mahasiswa yang hadir diikuti dengan diskusi/tanya jawab. Mahasiswa sangat antusias dengan program kegiatan yang ditawarkan.

Mengahiri rangkaian kegiatan PKS, Kepala Kanwil DJPb Prov. Jateng berkesempatan dialog singkat dengan Rektor UNSOED Prof.Dr.Ir Suwarto MS. Beliau mengapresiasi pelaksanaan PKS antara Kanwil DJPb Prov Jateng dengan FEB, dan berharap semua program yang telah disepakati dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kanwil DJPb Prov. Jateng memberikan pengarahan kepada para pegawai KPPN Purwokerto dan perwakilan KPPN Banjarnegara tentang urgensi kegiatan PKS dengan UNSOED. Kedepan KPPN akan terlibat dan berperan aktif dalam kegiatan PKS dimaksud.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI