Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Otomatisasi untuk performa yang lebih optimal

Semarang, 16 Desember 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/idMomentum akselerasi transformasi digital yang telah terbangun, perlu senantiasa dijaga diantaranya dengan membangun berbagai inovasi guna menyempurnakan proses bisnis organisasi yang lebih sederhana, efektif, efisien, serta memungkinkan fleksibiltas kerja dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

“Tantangan pandemi dapat mendorong kita mempersiapkan lanskap digital office yang lebih mapan, dengan mengedepankan keselamatan kerja, kolaborasi, pertukaran data, dan otomasi, untuk mendukung self-services,” ungkap Hadiyanto dalam annual report Transformasi Kelembagaan DJPb tahun 2020. Langkah nyata dalam menjawab tantangan ini diantaranya adalah Otomatisasi Telaah Laporan Keuangan yang telah dirilis awal Desember 2021 dan telah ditambahkan sebagai fitur baru pada aplikasi e-Rekon&LK.

Penting bagi Kanwil dan KPPN dalam menjalankan fungsi pembinaan kepada satuan kerja untuk mengetahui lebih mendalam akan pemanfaatan menu telaah LK ini sebagai bekal dalam memberikan edukasi yang tepat dan optimal kepada satker mitra di wilayah kerja masing-masing sehingga penyajian Laporan Keuangan yang dihasilkan lebih berkualitas dan sesuai kaidah standar akuntansi dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu pada hari Kamis, 16 Desember 2021 Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan FGD Telaah LK yang menghadirkan narasumber dari Dit APK dan diikuti oleh pegawai seksi Vera dan Para Penyusun Laporan Keuangan pada Bagian Umum Kanwil DJPb Jateng dan KPPN lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah.

“Hasil akhir FGD ini diharapkan meningkatkan cara kerja yang efektif dalam mempersiapkan dan menghasilkan bahan penyusunan LK yang berkualitas, tidak hanya anggarannya yang habis namun juga dapat menghasilkan output yang terukur,” jelas Sutyawan, Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah membuka FGD Telaah LK kali ini.

Dalam paparannya, Kepala Seksi Bimbingan Akuntansi Instansi I Subdirektorat Bimbingan Akuntansi Instansi Direktorat APK Made Krisna Aryawan menyampaikan latar belakang dan tujuan menu Telaah LK pada Aplikasi e-Rekon&LK dilanjutkan penjelasan detil menu menu telaah LK yang meliputi kelengkapan dokumen, kesesuaian LK dengan e-Rekon, Kesesuaian Neraca Percobaan Kas dan Akrual, Analisis Vertikal LK, analisis kesesuaian antar LK (analisis horizontal) dan CaLK.

Menutup FGD ini, Kepala Bidang PAPK MI Sri Nuryati selaku moderator berpesan kepada seluruh KPPN agar segera memberikan edukasi kepada satker mitra kerjanya untuk memanfaatkan menu telaah LK ini secara optimal dan meningkatkan kualitas pengungkapan CaLK sehingga penyajian laporan keuangan yang dihasilkan diyakini telah memenuhi kaidah standar akuntansi dan ketentuan yang berlaku.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI