Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

EVALUASI PELAPORAN CAPAIAN OUTPUT TAHUN 2021

Semarang, 29 Desember 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Di tengah kesibukan akhir tahun anggaran 2021, pada tanggal 29 Desember 2021, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah mengadakan FGD (Focus Group Discussion) Evaluasi Pelaporan Capaian Output Tahun 2021. Bertempat di Ruang Rapat Sinergi, tepat pukul 09.00 WIB FGD dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing.

FGD dihadiri oleh satu orang perwakilan dari 15 KPPN di lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah yang menangani konfirmasi pelaporan capaian output satker di wilayahnya masing-masing, serta dihadiri Kepala Bidang PPA I dan seluruh Kepala Seksi di Bidang PPA I.

 

FGD Evaluasi Pelaporan Capaian Output Tahun 2021 bertujuan untuk meningkatkan kualitas monitoring dan evaluasi pelaporan data capaian output, dan sebagai persiapan monev pelaporan data capaian output selama tahun 2021. Upaya ini juga dilakukan dalam rangka mempertahankan nilai Kualitas Monitoring dan Evaluasi Pelaporan Data Capaian Output di level Kanwil DJPb pada triwulan IV nanti.

Narasumber utama pada FGD kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Bapak Midden Sihombing yang membahas evaluasi pelaporan capaian output melalui Aplikasi MACRO (Monitoring Analisis Capaian Rincian Output). Setiap KPPN dilakukan evaluasi atas kinerjanya dalam mengonfirmasi pelaporan capaian output yang dilakukan oleh satuan kerja dalam wilayah kerja KPPN bersangkutan, di mulai dari KPPN Semarang I, KPPN Semarang II, KPPN Kudus, KPPN Pati, KPPN Purwodadi, KPPN Sragen, KPPN Surakarta, KPPN Klaten, KPPN Magelang, KPPN Purworejo, KPPN Banjar Negara, KPPN Purwokerto, KPPN Cilacap, KPPN Tegal dan KPPN Pekalongan.

Dalam memaparkan materi, Bapak Kakanwil menekankan pentingnya edukasi yang dilakukan KPPN kepada satuan kerja, agar tidak ada lagi capaian output satker yang tidak terkonfirmasi, dan tingkat partisipasi satker dalam melaporkan capaian output meningkat. Untuk itu para peserta dari KPPN diminta berperan aktif melakukan pembinaan dan edukasi kepada satuan kerja dan segera melakukan konfirmasi kepada satker apabila ada hal-hal yang perlu dikonfirmasikan terkait pelaporan capaian output ini.

Selain itu,Kakanwil menyampaikan bahwa dengan bantuan Aplikasi MACRO hasil inovasi Kanwil DJPb Provinsi Jawa tengah mempermudah Kanwil dan KPPN dalam melakukan monitoring dan evaluasi kualitas pelaporan capaian output. Aplikasi MACRO banyak memberikan informasi berupa tabel maupun grafik terkait pelaporan capaian output diantaranya informasi capaoan output yang tidak terkonfirmasi, jumlah partisipasi satker, grafik pola pelaporan capaian output satker, data realisasi anggaran, data capaian output, perbandingan capaian output, dari seluruh satuan kerja dan KPPN di lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah. Aplikasi ini menjadi alat bantu yang wajib digunakan di seluruh KPPN se-Jawa Tengah dalam monev pelaporan capaian output.

Pada bagian akhir FGD para peserta diberikan kesempatan menyampaikan pertanyaan, ide, usulan, harapan ataupun sekedar testimoni atas monev pelaporan capaian output yang mereka lakukan. Salah satu peserta dari KPPN Sragen, Bapak Sumadi yang juga pejabat fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN) sekaligus CSO KPPN Sragen menyampaikan apresiasi atas inovasi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, berupa Aplikasi MACRO yang sangat membantu dalam monitoring, evaluasi dan analisis pelaporan capaian output, sehingga bisa mendeteksi lebih awal apabila ada pelaporan capaian output yang perlu konfirmasi ke satker, serta dapat meningkatkan kualitas monev itu sendiri.

Setelah seluruh materi disampaikan, pertanyaan dan harapan telah dijawab, tepat pukul 11.30 acara FGD ini ditutup oleh Kepala Bidang PPA I. Atas nama Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bidang PPA I berharap kepada para peserta dapat menyerap hasil materi dan diskusi serta melaksanakan kebijakan-kebijakan Kantor Pusat DJPb maupun Kanwil DJPb Jateng dalam meningkatkan kualitas monev pelaporan capaian output 2021.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI