Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

MELANJUTKAN PEMULIHAN EKONOMI JAWA TENGAH DENGAN MENINGKATKAN KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN TAHUN 2022

Semarang, 25 Januari 2022

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Langit mendung kota Semarang pada hari Selasa tanggal 25 Januari 2022 tidak menyurutkan semangat insan Perbendaharaan pada Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah untuk bergerak serentak mensukseskan acara Rapat Koordinasi Pimpinan Wilayah Pelaksaan Anggaran Semester I Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang I.

Dalam kegiatan tersebut Kanwil DJPb Provinsi Jateng mengundang para Kepala Kantor Wlayah/Pimpinan Wilayah Kementerian/Lembaga, Pimpinan Satker Badan Layanan Umum dan para Kepala KPPN lingkup Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Rapat Koordinasi Pimpinan Wilayah Pelaksaan Anggaran Semester I Tahun 2022 dilaksanakan secara hybrid (on line dan off line).

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing memaparkan realisasi anggaran belanja APBN TA 2021 di Provinsi Jawa Tengah. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah memberikan apresiasi atas peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021 yaitu adanya peningkatan penyerapan anggaran, peningkatan penggunaan kartu kredit pemerintah, dan peningkatan perekaman capaian output. Selain itu disampaikan pula evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang perlu ditingkatkan pada tahun 2022 yaitu terkait realisasi belanja barang, belanja modal, dan pola realisasi belanja pada satker-satker BLU.

Edy Prayitno, Kepala Bidang PPA I Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, dalam paparannya menitik beratkan pada hal Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran TA 2022.  Pesan penting dalam pelaksanaan anggaran tahun 2022 adalah meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi & ektifitas (Value For Money) dengan cara : 1) membatasi belanja operasional yang urgensinya rendah seperti rapat dalam kantor perjalanan dinas dan konsinyering serta honor tim, 2) melakukan prioritasi kegiatan yang akan dilaksanakan, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan, 4) mengutamakan pencapaian output dan outcome kegiatan, dan 5) meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi pelaksanaan anggaran.

Acara diskusi rapat koordinasi dimoderatori oleh M.I. Sri Nuryati, Kepala Bidang PAPK Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah. Pada session diskusi terdapat pertanyaan dan sharing dari peserta rapat koordinasi terkait pengalaman satker menggunakan KKP, kendala yang dihadapi satker BLU dalam pelaksanaan anggaran tahun 2021, dan realisasi APBN kewenangan dekonsentrasi dan tugas pembantuan (DK/TP).

Kegiatan rapat koordinasi diakhiri dengan closing statement dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah. Untuk lebih meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2022 Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah akan menerbitkan laporan evaluasi pelaksanaan anggaran secara berkala. “Kami akan memberikan laporan evaluasi pelaksanaan anggaran secara berkala setiap bulan, dan bila diperlukan satker bisa meminta kepada kami untuk menyampaikan laporan evaluasinya setiap dua pekan”, pungkas Midden Sihombing menutup acara.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI