Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Kanwil DJPb Prov Jateng dan FEB UNSOED Kick Off Peneliti Muda Berkontribusi Tahun 2022

Purwokerto, 17 Februari 2022

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Pada hari Kamis, 17 Februari 2022, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan secara hybrid “Kick Off Peneliti Muda Berkontribusi Tahun 2022” sebagai langkah tindak lanjut atas kesepakatan Program Kerja Sama antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Bapak Midden Sihombing

Kegiatan ini sekaligus juga untuk mendukung program pemerintah dalam hal ini kebijakan yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Direktur Jenderal Perbendaharaan, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Direktur Pelaksanaan Anggaran, Bupati Banyumas, Camat, Kepala Desa, Para Kepala Kanwil DJPb, Para Kepala KPPN lingkup Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah beserta tim; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto dan tim; serta mahasiswa FEB Unsoed yang berhasil terpilih untuk mengikuti program MBKM semester ini.

Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Bapak Miden Sihombing yang menyampaikan paparan berkaitan dengan Dana Desa diantaranya tentang tujuan pengukuran outcome Dana Desa; bagaimana cara menjelaskan bahwa pencapaian outcome atas penggunaan Dana Desa sudah maksimal atau belum; apakah rekomendasi yang dihasilkan atas penelitian yang dilakukan terkait dengan penggunaan Dana Desa tersebut; Celah apakah yang bisa kita lakukan berdasarkan penelitian terdahulu tentang Dana Desa yang pernah dilakukan; serta pesan kepada para mahasiswa yang melakukan penelitian di lapangan untuk menerapkan pola komunikasi yang baik, sehingga pihak Desa dapat secara terbuka dan sukarela dalam berbagi informasi dengan para mahasiswa sehingga data yang diperlukan untuk mengukur outcome dapat ter-capture secara alamiah. Di lingkungan Ditjen Perbendaharaan, program peneliti muda berkontribusi ini  merupakan kegiatan perdana di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua LPPM, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Ibu Prof. Dr. Rifda Naufalin, SP, MSi menyatakan sangat berterima kasih sekali, karena mendapat kesempatan untuk yang pertama kali di seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan dalam rangka pelaksanaan program peneliti muda berkontribusi tahun 2022. Hal ini ditindaklanjuti secara serius dengan mengkonversikan pelaksanaan kegiatan ini dengan output keluaran laporan yang ekuivalen dengan skripsi mahasiswa. Sehingga, tujuan dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dapat terwujud untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar mahasiswa lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Selanjutnya, sambutan Bupati Banyumas yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kab Banyumas, Dr. Ir. Irawadi, Ces. Dalam sambutannya, Bupati Banyumas menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Banyumas sebagai lokasi kegiatan peneliti muda berkontribusi. Harapannya, kegiatan ini akan memberikan kemanfaatan bagi pelaksanaan pembangunan di wilayah Banyumas, khususnya desa yang menjadi target penelitian kali ini.

Sebagai bentuk dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan kegiatan ini, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan hadir dan memberikan sambutan secara langsung via daring. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas SDM generasi muda Banyumas di bidang data analytics, juga dapat mendorong optimalisasi dana desa dalam rangka peningkatan pembangunan di daerah. Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang pentingnya peran desa dalam pembangunan ekonomi nasional, serta pentingnya kegiatan ini dalam membangun sense of analysis terhadap pemanfaatan dana desa. Belaiu juga mengapresiasi langkah nyata yang dibangun antara Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dengan Universitas Jenderal Soedirman, dalam rangka mewujudkan collaborative action mengawal pembangunan di daerah.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN