Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

FGD Bersama ALCo Kemenkeu Regional Jateng

FGD Bersama ALCo Kemenkeu Regional Jateng

 

     Pada hari Kamis, 16 Juni 2022 telah diselenggarakan FGD bersama ALCo Kemenkeu Regional Jawa Tengah. Acara ini dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara I Lantai 3 Ruang Sinergi mulai pukul 08.00 hingga 12.00WIB. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Plt. Kepala Kanwil DJPb Prov Jateng, Bapak Arif Wibawa sekaligus selaku tuan rumah acara FGD, Perwakilan Kantor Pusat DJPb, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan BPPK Yogyakarta, serta perwakilan dari Unit Eselon I Kemenkeu di Jawa Tengah yaitu dari Kanwil DJP Jateng I, Kanwil DJP Jateng II, Kanwil DJKN Jateng, dan Kanwil DJBC Jateng.

     ALCo atau Asset & Liabilities Committee Regional merupakan struktur di tingkat provinsi yang memiliki hubungan kerja serta memiliki peran untuk mendukung ALCo ditingkat Pusat melalui penyajian data dan informasi yang bersifat lokal atau regional. Kolaborasi dan sinergi antar Kantor Wilayah sebagai kepanjangan tangan Menteri Keuangan sangat diperlukan dalam rangka mendukung peran sebagai Regional Chief Economist (RCE), meningkatkan kualitas Cash Planning Information Network (CPIN), membangun sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam memitigasi risiko pelaksanaan APBN dan APBD, serta mendukung pelaksanaan kebijakan maupun perancangan kebijakan pelaksanaan anggaran yang lebih kontekstual.

     ALCo regional juga dimaksudkan sebagai sarana pengambilan kebijakan fiskal nasional yang optimal berdasarkan data yang terintegrasi antar unit organisasi Kemenkeu dengan mengakomodasi berbagai indikator fiskal serta untuk mewujudkan tercapainya program pemberdayaan masyarakat pada tingkat regional.

     Plt Kanwil DJPb Provinsi Jateng dalam paparannya menyampaikan tentang peran pentingnya APBN dan APBD diwilayah regional Jawa Tengah terhadap sektor moneter, sektor riil serta sektor penerimaan negara. Sektor moneter menyajikan data yang berkaitan dengan jumlah uang yang beredar akibat pelaksanaan kegiatan operasional pemerintah berupa belanja atau penerimaan negara. Sektor riil menyajikan data yang berkaitan dengan penggunaan belanja pemerintah, apakah masuk dalam kategori belanja konsumsi pemerintah (G), konsumsi (C) atau investasi (I). Sedangkan sektor penerimaan negara menyajikan data yang berkaitan dengan penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak serta penerimaan sektor eksternal yang berasal dari bea masuk dan bea keluar.

     Kegiatan FGD ALCo Regional Jateng kali ini dipandu oleh Kepala Bidang PPA II, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Bapak Ahmad Herwayan dan dimoderatori oleh Kepala Seksi Bidang PPA IIB, Bapak Wawan Setiawan. Kegiatan ini selanjutnya diagendakan rutin setiap sebulan sekali, sehingga informasi berkaitan dengan pelaksanaan operasional pemerintah melalui APBN dan APBD dapat tercapture secara berkala dan dapat memberikan informasi yang valid serta mampu mengungkap perkembangan isu terkini di wilayah regional Jawa Tengah. Kemenkeu Jateng bersatu demi Masyarakat Jawa Tengah lebih Maju.

 

Semarang, 17 Juni 2022.

 

Narahubung Media: _________________________________________________________________________________________________________

Ahmad Heryawan

Kepala Bidang PPA I

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah

 

DJPb – Mengawal Indonesia, Indonesia Maju

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI