Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

GKM PER-6/PB/2022 DAN PEMBERDAYAAN UMKM

GKM PER-6/PB/2022 DAN PEMBERDAYAAN UMKM

Peserta GKM Per-6/PB/2022 dan Pemberdayaan UMKM antusias menyimak paparan dari Narasumber (7/8/2022)

 

Dalam rangka internalisasi peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Per-6/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Monitoring dan Evaluasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) oleh Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan serta Pemberdayaan UMKM, Kanwil Ditjen Perbendaharaan mengadakan Gugus Kendali Mutu (GKM) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2022 bertempat di Ruang Sinergi, Gedung Keuangan Negara Semarang I Lantai 3. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB, dengan dihadiri para pejabat/pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PPA II, Bapak Ahmad Heryawan dan dilanjutkan dengan paparan materi tentang Per-6/PB/2022 yang disampaikan oleh Ibu Sri Ambarwati. Dalam paparannya disampaikan bahwa terdapat perbedaan monitoring dan evaluasi pembiayaan ultra mikro, yang mana pada semester II tahun 2023 yang akan datang terdapat kewajiban untuk melakukan survei terhadap pelaku UMKM yang mengakses pembiayaan selain yang berasal dari kredit program pemerintah (KUR dan UMi). Hal ini dilakukan untuk mendapatkan perbandingan keberlangsungan usaha pelaku UMKM yang mengakses pembiayaan dari kredit program pemerintah dengan yang lainnya.

Paparan materi yang kedua tentang pemberdayaan UMKM yang disampaikan oleh Bapak Dwi Susilo. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa Pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga keberlangsungan usaha para pelaku UMKM, mengingat UMKM ini memegng peran yang strategis, yang mana ketika pandemi berlangsung UMKM inilah yang memegang peran penting dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Saat ini sedang dipersiapkan draft khusus yang mengatur kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam rangka pemberdayaan UMKM.

Dengan dilaksanakannya acara GKM ini diharapkan para pegawai memahami tugas yang harus diemban dimasa mendatang berkaitan dengan evaluasi dan monitoring pembiayaan kredit program serta pemberdayaan UMKM, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

 

*) Suparjito,

Pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI