Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Employee Gathering, Plt Kakanwil DJPb Jateng Sampaikan Pesan Dirjen Perbendaharaan yang Baru Dilantik kepada Jajarannya

Employee Gathering, Plt Kakanwil DJPb Jateng Sampaikan Pesan Dirjen Perbendaharaan yang Baru Dilantik kepada Jajarannya


Peran jajaran Kanwil DJPb Jateng dalam menciptakan kemakmuran bagi masyarakat khususnya Jateng terus mendapat perhatian. Dalam Employee Gathering di GKN I Semarang (7/11), Plt. Kakanwil DJPb Jateng, Taukhid, menyampaikan bahwa terdapat beragam tantangan bagi Insan Perbendaharaan yang meliputi pelaksanaan core function sebagai treasury, pelaksanaan fungsi Regional Chief Economist (RCE) dan sebagai Financial Advisor di daerah, sebagaimana diungkapkan oleh Dirjen Perbendaharaan yang baru dilantik, Astera Primanto Bhakti, dalam arahannya kepada para Kakanwil DJPb, Kepala KPPN, dan Pejabat Administrator.

“Pak Dirjen meminta kita untuk dapat melihat dan mengikuti perkembangan ekonomi di wilayah regional, lalu memiliki concern untuk mewujudkan secara lebih komprehensif peran dari RCE. Kita diminta untuk mengidentifikasi kembali apa yang telah dilakukan di tingkat Kanwil, kemudian melihat apa yang bisa dilakukan selanjutnya,” jelas Taukhid.

Peran DJPb diharapkan tidak lagi sekedar berkutat pada validasi, dispensasi, atau revisi-revisi, tetapi harus mampu melihat secara lebih luas lagi yaitu memastikan peran DJPb sebagai financial advisor bagi pemerintah daerah menggunakan data yang telah banyak tersedia.

“Kita harus terus mengembangkan pengetahuan, ini yang diharapkan oleh Pak Dirjen, termasuk mengerti bagaimana dana desa dapat berpengaruh bagi kesejahteraan desa. Oleh karenanya, perlu untuk menguatkan kembali pemahaman tentang pengelolaan keuangan desa, termasuk kebijakan dan hak pemerintah desa yang bernilai uang,” tambah Taukhid.

Kegiatan Employee Gathering tersebut dihadiri oleh segenap jajaran pegawai Kanwil DJPb Jateng, termasuk para pejabat administrator, pejabat pengawas, dan fungsional.

“Kita tidak boleh lengah, abai, atau setengah-setengah, tetapi harus lebih dalam untuk memahami perekonomian, sehingga mampu menginternalisasi jargon kita bersama yaitu membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Tengah. Itulah tugas kita sebenarnya,” pungkas Taukhid. (DR/AGR)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI