Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Tingkatkan Keandalan Data Laporan Statistik Keuangan Pemerintah, Kanwil DJPb Jateng Adakan Diseminasi Kajian GFS

Tingkatkan Keandalan Data Laporan Statistik Keuangan Pemerintah, Kanwil DJPb Jateng Adakan Diseminasi Kajian GFS


Penerapan statistik keuangan pemerintah mampu menghasilkan interpretasi untuk menerjemahkan informasi akuntansi sehingga dapat lebih dimengerti dan bermanfaat guna pengambilan kebijakan fiskal, analisis fiskal, moneter, dan ekonomi. Dalam upaya memperoleh interpretasi yang akurat, Kanwil DJPb Jateng menyelenggarakan Diseminasi Hasil Kajian GFS Tahun 2022 di KPPN Purwokerto, Kamis (3/11).

“Keandalan data yang disajikan dalam Laporan Statistik Keuangan Pemerintah sangat menentukan analisis kebijakan yang diambil. Oleh karena itu, untuk menghasilkan Laporan Statisitk Keuangan Pemerintah yang andal dan akurat perlu dilakukan verifikasi data keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Verifikasi data laporan keuangan dilakukan dalam rangka memastikan kelengkapan dan kesesuaian data keuangan dengan prinsip dan kaidah akuntansi dan Statistik Keuangan Pemerintah,” ungkap Plh Kepala KPPN Purwokerto, Subur.

Kegiatan diseminasi tersebut diisi oleh narasumber dari Kanwil DJPb Jateng yaitu Kepala Bidang PAPK, M.I. Sri Nuryati, Kasi Analisa, Statistik, dan Penyusunan Laporan Keuangan, Bagus Ardiannova, Kasi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat, Moch. Fahrudin serta dihadiri oleh Kepala BPKAD, BPPKAD, Badan Keuangan Daerah, BPKD, BPPKD, dan Badan Pendapatan Keuangan.

Diharapkan koordinasi, komunikasi, dan sinergi antara Kanwil DJPb Jateng dengan 36 Pemerintah daerah Provinsi/Kabupaten/Kota seJawa Tengah utamanya dalam kelengkapan dan keandalan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebagai salah satu input utama pembuatan GFS dapat meningkat. Dengan demikian, mampu menjadi salah satu input/masukan dalam pembuatan kebijakan fiskal dan ekonomi di lingkungan Pemerintah Daerah di Jawa Tengah, seperti pada forum Musrenbangda, diskusi peningkatan kapasitas fiskal, maupun pemberdayaan APBD secara konkret melalui peran UMKM.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI