Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Simak Arahan Menkeu, RCE Merupakan Tools untuk Mencapai Tujuan Bangsa

Simak Arahan Menkeu, RCE Merupakan Tools untuk Mencapai Tujuan Bangsa

 
“Membentuk Regional Chief Economist (RCE) adalah sebuah konsekuensi logis ketika organisasi seperti DJPb telah memiliki sistem perbendaharaan yang bagus,” ungkap Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam puncak acara Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 di Malang, Rabu (18/1), yang juga turut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Jawa Tengah, Muhdi. Sedangkan jajaran Kanwil DJPb Jateng secara bersama-sama menyimak acara tersebut secara daring di GKN Semarang I.

Dirjen Perbendaharaan, Astera Primanto Bhakti, juga menyebutkan bahwa DJPb kini telah membentuk fungsi Shadow Organization. “Kita memberanikan diri untuk membagi tugas jajaran DJPb menjadi Regional Economics Group dan Operational Treasury Service Group, sehingga masing-masing bisa fokus menjalankan fungsinya baik sebagai RCE maupun memberikan layanan perbendaharaan,” jelasnya.

Menkeu berharap, sistem perbendaharaan yang telah dibentuk dengan baik dan handal seperti RCE harus terus diasah, sebab RCE bukanlah tujuan akhir. Sebagaimana instruksi presiden yang disampaikan oleh Menkeu, bahwa ada empat tantangan yang harus dijawab di tahun 2023 ini yaitu terkait inflasi, pengentasan kemiskinan, stunting, dan investasi.

“Saya minta jajaran Kemenkeu, khususnya instansi vertikal DJPb mampu menjawab tantangan tersebut dengan baik sehingga negara kita mampu menjadi high level income countries,” pungkas Menkeu. (DR/AGR)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN